Sukses

Suntik Insulin untuk Diabetes Dilakukan Sebelum Makan, Bagaimana Jika Pasien Lupa?

Mengatur pola makan menjadi salah satu kunci penanganan diabetes yang tepat, tapi beberapa pasien acap kali lupa bagaimana pola makan yang baik agar terapi insulin yang diberikan tepat guna.

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur pola makan menjadi salah satu kunci penanganan diabetes yang tepat, tapi beberapa pasien acap kali lupa bagaimana pola makan yang baik agar terapi insulin yang diberikan tepat guna.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, menjelaskan bahwa insulin seharusnya diberikan sebelum makan.

“Karena kerja insulin itu kalau kita suntikkan pada saat sebelum makan kemudian diikuti dengan makan nanti gula darahnya pas dengan kerja insulin,” ujar Ketut dalam seminar daring Novo Nordisk, Kamis (25/2/2021).

“Kalau kita suntik setelah makan, bisa saja sih, tapi sebagian gula darah sudah naik duluan baru insulinnya kerja,” tambahnya.

Agar tidak lupa, ia menganjurkan bagi para pasien diabetes untuk menyiapkan nasi di meja makan kemudian suntik, setelah itu bisa langsung makan. Insulin di masa kini biasanya dapat disuntikkan kemudian langsung makan tanpa perlu menunggu.

“Kalau zaman dulu, setelah suntik insulin kan harus menunggu setengah jam baru makan. Kalau sekarang, sesaat setelah insulin pun bisa langsung makan jadi enggak lupa.”

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jika Terlanjur Makan Sebelum Insulin

Jika pasien terlanjur makan terlebih dahulu sebelum insulin, maka dalam beberapa kasus ini masih diperbolehkan.

“Memang paling baik itu sesaat sebelum makan, tapi masih boleh diberikan setelah makan jika pasien itu adalah orang tua yang jumlah dan jadwal makannya tidak jelas.”

Bagi lanjut usia (lansia) dengan pola makan seperti itu, maka penyuntikan insulin masih boleh dilakukan sesaat setelah makan, katanya.

“Jadi kalau sedikit makannya, sedikit suntik. Kalau makannya penuh sesuai dengan porsi yang dianjurkan maka dosisnya juga dosis yang biasa. Jadi kalau makannya separuh ya sudah separuh dosis.”

Namun, bagi pasien biasa maka penyuntikan lebih bagus dilakukan sebelum makan dan hal seperti ini perlu dibiasakan setiap harinya, tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.