Bekerja dari Tempat Tidur Saat WFH Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Permanen

Oleh Liputan6.com pada 26 Feb 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi bekerja di tempat tidur (Sumber: Unsplash.com)
Perbesar
Ilustrasi bekerja di tempat tidur (Sumber: Unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian perusahaan memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi karyawan di masa pandemi COVID-19. Selama WFH, mungkin banyak dari kita yang melakukan semua pekerjaan kantor di atas tempat tidur. Namun, rasa nyaman yang didapatkan dari kelembutan kasur, bisa jadi pangkal dari rasa sakit yang mendera tubuh.

Beban berat yang diberikan pada leher, punggung, dan pinggul ketika duduk berjam-jam lamanya di atas permukaan lembut ketika WFH dapat menimbulkan kerusakan permanen yang menyebabkan rasa sakit berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Tidak hanya itu, sakit kepala dan insomnia juga dapat menyerang akibat terlalu banyak duduk untuk bekerja di atas kasur, dilansir dari New York Post pada Kamis (25/02/2021).

 
2 dari 5 halaman

Bekerja dari rumah? Bangunlah dari tempat tidur

Apabila Anda mengawali hari untuk bekerja dengan mandi, kemudian minum secangkir kopi, lalu membuka laptop, tetapi setelah itu kembali menuju tempat tidur, maka berhati-hatilah.

Para ahli mengatakan mungkin saja Anda akan mengalami kerusakan fisik maupun emosional secara permanen. Meskipun efek negatif dari bekerja di tempat tidur tidak terlihat sejak awal.

Duduk di atas permukaan lembut seperti kasur ternyata dapat membebani leher, punggung, dan pinggul. Selain itu, duduk di atas permukaan lembut dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa selama berbulan-bulan bahkan hingga menahun. Sakit kepala dan insomnia juga dapat terjadi apabila terlau banyak menghabiskan waktu di atas tempat tidur.

“Tidak ada yang optimal,” kata Susan Hallbeck, Direktur sistem teknik perawatan kesehatan di Mayo Clinic, salah satu lembaga penelitian medis terbesar di Amerika Serikat, kepada BBC. “Anda benar-benar tidak didukung dengan cara yang kondusif untuk bekerja.”

 
3 dari 5 halaman

Jauhi Tempat Tidur, Bekerjalah di Meja dengan Kursi

Ilustrasi meja dengan kursi (Sumber: Unsplash.com)
Perbesar
Ilustrasi meja dengan kursi (Sumber: Unsplash.com)

Lebih baik jauhi tempat tidur dan bekerja di meja dengan kursi, kata Para Ahli.

Berdasarkan sebuah studi pada November 2020. Diketahui bahwa 72 persen dari 1.000 orang Amerika mengaku ketika bekerja jarak jauh selama pandemi, mereka melakukannya di atas tempat tidur.

Jumlah ini didapat lebih banyak dua kali lipat dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi. Tidak hanya itu, satu dari 10 mengatakan mereka menghabiskan hampir seluruh waktu kerja selama seminggu di atas tempat tidur. Itu berarti mereka menghabiskan waktu duduk di tempat tidur selama 24 hingga 40 jam lebih lamanya.

 

Penulis: Rissa Sugiarti

4 dari 5 halaman

Infografis 5 Benda Harus Sering Dibersihkan Hindari Covid-19

Infografis 5 Benda Harus Sering Dibersihkan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Benda Harus Sering Dibersihkan Hindari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓