Sukses

Vietnam Bakal Mulai Vaksinasi COVID-19 Awal Maret 2021

Vietnam berharap mendapatkan 60 juta dosis vaksin COVID-19 di tahun ini, termasuk 30 juta dosis di bawah skema vaksin global COVAX.

Liputan6.com, Jakarta Vietnam bakal memulai vaksinasi COVID-19 pada Maret 2021. Hal tersebut diumumkan oleh media pemerintah Vietnam, Tuoi Tre, awal pekan ini.

Sejumlah lemari es untuk menyimpan vaksin COVID-19 di tiga kota terbesar di Vietnam, yakni Hanoi, Ho Chi Minh, dan Danang telah siap. Tenaga kesehatan dan lansia akan menjadi penerima vaksin pertama.

“Gelombang pertama vaksinasi COVID-19, yang memprioritaskan pekerja medis garis depan dan kelompok berisiko tinggi, akan dimulai pada Maret segera setelah pengiriman vaksin AstraZeneca tiba dan lolos pemeriksaan kualitas,” tulis Tuoi Tre mengutip Antara.

Ada 204.000 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca yang akan tiba pada 28 Februari dalam pengiriman pertama. Vietnam berharap mendapatkan 60 juta dosis vaksin di tahun ini, termasuk 30 juta dosis di bawah skema vaksin global COVAX.

Pemerintah Vietnam sebelumnya mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan produsen vaksin Rusia dan Amerika Serikat perihal perjanjian potensial pasokan vaksin. Namun, Vietnam juga menargetkan vaksin buatan dalam negeri siap digunakan pada Mei. 

Program vaksinasi ini dimulai kala Vietnam tengah menghadapi gelombang baru infeksi virus Corona. Akhir Januari, pemerintah setempat menyetujui penggunaan darurat vaksin AstraZeneca. Persetujuan tersebut dikeluarkan beberapa hari setelah adanya kasus penularan lokal pertama dalam hampir dua bulan.

Berdasarkan data WHO, ada 2.395 kasus COVID-19 di Vietnam hingga, Rabu, 24 Februari 2021 pukul 18.30. Lalu, 35 kasus kematian.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini