Sukses

Perbaiki Performa Testing, Satgas COVID-19: Kemenkes Siapkan 724 Ribu Kit

Memperbaiki performa testing, Satgas COVID-19 menyampaikan Kemenkes siapkan 724.000 kit stok.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memperbaiki performa pemeriksaan (testing), Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, Kementerian Kesehatan sedang siapkan 724.000 kit. Stok kit tersebut siap dikirimkan ke berbagai daerah.

"Untuk memperbaiki performa testing COVID-19, saat ini Kementerian Kesehatan tengah menyiapkan 724.000 kit stok siap kirim," ujar Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID19, Graha BNPB, Selasa (23/2/2021). 

"Ada juga 1 juta kit donasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pengoptimalan testing."

Selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan pelacakan (tracing), Kementerian Kesehatan mengoptimalisasi  penyiapan sumber daya manusia (SDM) sebanyak 10.166 petugas surveilans puskesmas dan 5.877 petugas tracer.

"Dan ke depannya jumlah ini akan terus ditambah. Pemerintah juga telah membuat indikator kinerja petugas tracer, agar proses penelusuran berjalan optimal," lanjut Wiku.

Wiku juga menekankan, petugas surveilans dan tracer akan didistribusikan sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Hal ini bertujuan agar dapat mencapai testing COVID-19 dengan target dan penelusuran yang lebih luas.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Cara Klaster Kerumunan Sukarela Tes Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.