7 Tips Bikin Tubuh Rileks Ketika Migrain Menyerang

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 08:00 WIB
Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain
Perbesar
Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Liputan6.com, Jakarta - Ketika rasa sakit akibat migrain menyerang dan melemahkan aktivitas yang sedang dijalankan, hal itu memang sangat menyulitkan. Serangan rasa sakit ini biasanya tidak langsung menghilang sesaat setelah mengonsumsi obat, membutuhkan beberapa saat untuk meredakan syaraf yang terganggu.

Memercepat lamanya proses meredakan rasa sakit yang diakibatkan migrain dapat dibantu dengan melakukan tujuh cara berikut ini dilansir dari Healthline pada Rabu, 24 Januari 2021.

Mengelola sensitivitas cahaya dengan meredupkan pencahayaan

Menurut National Headache Foundation, hampir 90 persen orang penderit migrain mengalami fotofobia (sensitivitas cahaya), cahaya dapat meningkatkan serangan migrain dalam hitungan detik.

Segera redupkan pencahayaan sekitar ketika mulai merasakan migrain. Hal ini dapat membantu menangkan sistem syaraf. Ketika sedang berada di luar ruangan, cara yang dapat dilakukan untuk meredupkan pencahayaan adalah dengan menggunakan kacamata hitam dan topi, atau dapat juga menggunakan penutup mata.

Terapi panas dingin

Es dan panas dapat membantu meredakan rasa sakit ketika migrain menyerang. Es dapat meredakan rasa sakit yang parah, selain itu botol berisi air panas dapat digunakan untuk mengompres bagian-bagian berkaitan dengan sumber rasa sakit, seperti kepala, leher, dan bagian atas mata.

Ketika menggabungkan kedua elemen tersebut untuk meredakan rasa sakit, sesuaikan kembali dengan kenyamanan masing-masing.

Sediakan selalu obat antisipasi supaya mudah dijangkau

Cara ini dapat dilakukan dengan menyiapkan kotak P3K khusus migrain atau siapkan selalu obat-obatan, makanan ringan anti mual, dan air mineral.

Pastikan selalu membawa obat kemanapun dan kapanpun, karena pada kasus migrain semakin cepat pengobatan dilakukan, semakin efektif.

 

2 dari 2 halaman

Cara Lainnya

Gunakan pancuran air panas

Ketika air panas mengalir melewati kepala dan mata yang berdenyut akibat migrain maka rasa sakit perlahan akan mereda. Cara ini akan lebih baik dilakukan apabila tubuh berada dalam keadaan tenang, seperti menggunakan kursi yang nyaman.

Jika cara ini dianggap terlalu merepotkan karena harus selalu dekat dengan pancuran air panas, maka dengan mengoleskan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus juga dapat membantu meredakan nyeri migrain.

Tempat tidur dan pakaian nyaman

Menyelimuti seluruh tubuh dalam ruangan gelap dan menggunakan bantal yang lembut dapat membantu meredakan migrain yang mendera. Tidak hanya itu, mengenakan pakaian yang nyaman juga dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan perasaan. Kuncinya adalah lebih peka terhadap kenyaman tubuh.

Melatih kesadaran

Mindfulness (cara untuk memusatkan perhatian) didukung secara luas oleh neurologi dan institusi sakit kepala sebagai alat yang efektif untuk menangani migrain.

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi kesadaran, dapat meningkatkan kualitas hidup, mengurangi rasa nyeri, dan memperbaiki gejala depresi pada orang dengan nyeri kronis.

Rasa sakit akibat migrain dapat memicu ketakutan, rasa bersalah, dan pemikiran karena rasa malu. Meditasi dapat digunakan sebagai alat bantu untuk hal ini.

Memelihara hewan

Rasa nyaman yang diberikan ketika merawat hewan peliharaan dapat jadi alat pereda ketika rasa sakit mendera. Kegembiraan, persahabatan dan kenyamanan yang dirasakan ketika berdekatan dengan hewan peliharaan mampu memberikan tubuh rasa nyaman berkali-kali lipat.

Penulis : Rissa Sugiarti

Lanjutkan Membaca ↓