Waspadai 4 Kandungan Cat Food yang Bisa Ganggu Kesehatan Anabul

Oleh Gilar Ramdhani pada 23 Feb 2021, 14:24 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 14:24 WIB
Waspadai 4 Kandungan Cat Food yang Bisa Ganggu Kesehatan Anabul
Perbesar
Ilustrasi Makanan Kucing.(Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Makanan kucing lucu yang tersedia dalam bentuk kering merupakan berkah bagi pemilik anabul. Tanpanya, kamu terpaksa harus membuat makanan sendiri atau membiarkan hewan peliharaan berburu mangsanya sendiri. Walau ada banyak rekomendasi dry food di pasaran, ada baiknya tetap mencermati kandungannya dan hindari 5 bahan tambahan berikut ini.

Bawang Putih

 

Bawang Putih
Perbesar
Ilustrasi Makanan Kucing.(Shutterstock)

Ada beberapa perusahaan cat food yang menambahkan bawang putih dalam kadar yang sangat kecil, dengan harapan memberikan manfaat kesehatan. Padahal, bawang-bawangan khususnya bawang putih bisa sangat beracun bagi kucing dan mengganggu kesehatannya.

Meat By-Product

Produk sampingan daging ini berasal dari mamalia yang diambil organ dalamnya alias jeroan. Sering digunakan untuk menambahkan rasa pada cat food, sayangnya tidak disebutkan dari mana asalnya misalnya sapi atau ayam. Selain kurang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi kucing, bahan ini pun dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti meningkatkan pertumbuhan bakteri Salmonella.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pewarna Makanan

Waspadai 4 Kandungan Cat Food yang Bisa Ganggu Kesehatan Anabul
Perbesar
Ilustrasi Makanan Kucing.(Shutterstock)

Ditambahkan ke beberapa makanan untuk membantu memberikan warna yang lebih menarik, namun kucingmu tidak akan mempedulikannya. Banyak ditemukan pada dry food berkualitas rendah yang dijual dengan harga miring, ada banyak pilihan pewarna buatan yang ditambahkan. Mulai dari karamel, pewarna merah, kuning, dan biru yang berpotensi mengandung karsinogen.

Pengawet Kimia

Pengawet kimia seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan butylated hydroxyanisole (BHA) sangat efektif dalam mengawetkan makanan kucing kering. Bahan kimia ini sering ditambahkan ke dalam minyak atau lemak, tapi diduga berpotensi menjadi pemicu kanker. 

Selain itu, hindari juga dry food yang mengandung ethoxyquin. Faktanya, bahan tambahan sintetik ini sudah dinyatakan ilegal untuk digunakan dalam makanan manusia di AS dan sangat berbahaya jika tertelan atau tersentuh kulit secara langsung. Kini, banyak produsen makanan hewan beralih menggunakan pengawet yang lebih alami, seperti Vitamin C dan E.

 

Muezza
Perbesar
Muezza.

Ribet memilih makanan kering yang tepat bagi kucing kesayanganmu? Solusinya, cukup pilih cat food yang mengandung tinggi protein, asam lemak sehat dalam kadar sedang, dan rendah karbohidrat yang mendekati dengan apa yang dimakan kucing di alam liar.

Percayakan pilihan makanan kucing pada Muezza yang dibuat hanya dari bahan alami dan aman. Diproses dengan teknologi modern dan melibatkan langsung ahli nutrisi, cat food berkualitas ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anabulmu dengan kadar yang seimbang, tidak kurang juga tidak berlebihan.

Selain itu, Muezza pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Pemilik kucing pun kini jadi lebih tenang saat memegang makanan kucing, terkena liur kucing, membersihkan wadah makan, hingga mencari lokasi penyimpanan cat food. Tak perlu ragu lagi, segera beli Muezza dengan 4 varian rasa favorit kucing di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/eth)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman