Sukses

Satgas COVID-19 Imbau RT hingga Kantor Menyediakan Tempat Sampah Khusus Masker Bekas Pakai

Satgas juga meminta masyarakat untuk terlebih dulu membersihkan masker bekas pakai sebelum dibuang ke tempat khusus

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan COVID-19 menyarankan agar komunitas di lingkungan tempat tinggal menyediakan tempat pembuangan khusus masker. Hal ini demi mencegah potensi penularan virus corona dari limbah medis.

"Bagi RT, RW, atau rumah susun, apartemen, atau kantor, tolong sediakan tempat khusus untuk pembuangan masker bekas pakai," kata Lia G. Partakusuma, Ketua Subbidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19.

Dalam dialog virtual pada Jumat (19/2/2021), Lia mengatakan bahwa tempat pembuangan khusus masker tersebut nantinya dapat diangkut oleh petugas kebersihan.

Sementara, apabila masker berasal dari tempat isolasi mandiri orang yang positif COVID-19, Lia mengimbau agar benda tersebut dipisahkan dengan memberi tanda yang menunjukkan ada risiko penularan virus dari situ.

"Tolong dibungkus dulu, boleh di kertas atau di kantung plastik, beri tanda infeksius. Ini akan membantu teman-teman yang mengangkut sampah ke tempat yang berikutnya, yang seharusnya," kata Lia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan Ini Sebelum Dibuang

Lia juga mengingatkan agar sebelum masker bekas pakai dibuang, masyarakat harus terlebih dulu membersihkannya dan menghancurkannya dengan benar.

"Jadi baik itu masker medis atau masker biasa, harus kita treatment dulu. Kita lakukan pencucian dengan benar, dengan deterjen atau disinfektan," kata Lia.

Untuk masker kain, masyarakat bisa mencucinya untuk dikeringkan dan digunakan kembali. Sementara masker medis sekali pakai, dapat direndam dengan disinfektan lalu dihancurkan dengan cara digunting atau disobek.

Menurut Lia, menghancurkan masker juga dapat mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan benda itu untuk bisa dijual kembali.

"Jangan lupa talinya, dan (bagian) maskernya. Artinya kita sudah membantu lingkungan. Jangan lupa dibuangnya di tempat sampah khusus," katanya. Selain itu, Lia mengingatkan agar sebelum dan sesudah merobek masker sekali pakai, seseorang harus mencuci tangannya.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.