Sukses

Tertawa Jadi 'Obat' Terbaik Tingkatkan Imun?

Selain tertawa, kamu juga perlu cara lain untuk meningkatkan imun tubuh apalagi di masa pandemi di musim pancaroba seperti sekarang ini.

Liputan6.com, Jakarta Melihat acara lucu, bercanda dengan teman, sahabat atau keluarga adalah hal yang paling menyenangkan. Ketika aktivitas itu dilakukan , otomatis kamu akan tertawa. 

Ya, tertawa adalah refleks alami manusia. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Lifestyle Medicine menunjukkan bahwa tertawa memiliki banyak manfaat positif bagi yang melakukannya secara teratur.

Dikutip laman The Active Time disebutkan bahwa tertawa bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, mengurangi efek stres pada tubuh, dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, tertawa juga diketahui dapat membantu mengurangi peradangan, dan mencegah pembentukan plak kolesterol, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Nah selain tertawa, kamu juga perlu cara lain untuk meningkatkan imun tubuh apalagi di masa pandemi di musim pancaroba seperti sekarang ini, selain mengikuti protokol kesehatan yaitu 5M: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Ya, kamu bisa mengandalkan ekstrak jahe untuk menghalangi pertumbuhan beberapa strain patogen saluran pernafasan yang menyebabkan pilek dan flu. 

So, pastikan kamu selalu mengonsumsi produk yang mengandung edible surfkatan sebelum dan sesudah bertemu orang lain. Ini perlu dilakukan, apalagi jika kamu merasa insecure alias nggak percaya diri karena belum merasa aman dan terlindungi daya tahan tubuh. 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.