Sukses

Jaga Gigi Tetap Sehat, Sikat Dulu Sebelum Minum Kopi

Anda mungkin berasumsi bahwa menyikat gigi tepat setelah minum kopi adalah langkah proaktif untuk menjaga kebersihannya, tetapi sebenarnya hal itu dapat memperburuk keadaan.

Liputan6.com, Jakarta - Kita mungkin terbiasa menyikat gigi sesudah minum kopi dengan tujuan menghilangkan noda kopi yang tertinggal di gigi. Namun menurut dokter gigi justru lebih baik menyikat gigi sebelum minum kopi. 

"Kopi bisa menodai gigi dan keasamannya bisa langsung mengikis enamel gigi. Itulah mengapa menyikat gigi sebelumnya dapat menjaga gigi tetap sehat," kata Dokter gigi di CommuniCare Health Centers di San Antonio Christina Meiners, seperti dikutip Huffpost.

Anda mungkin berasumsi bahwa menyikat gigi tepat setelah minum kopi adalah langkah proaktif untuk menjaga kebersihannya, tetapi sebenarnya hal itu dapat memperburuk keadaan. Karena kopi bersifat asam, menyikat gigi segera setelah minum kopi akan melemahkan enamel (lapisan terluar gigi yang melindunginya dari kerusakan fisik dan kimiawi).

Rutinitas pagi Meiners adalah menyikat gigi di pagi hari, kemudian minum kopi, lalu berkumur-kumur dengan air untuk membantu menetralkan tingkat keasaman di mulutnya.

“Anda sebaiknya tida menyikat (gigi) saat lingkungan mulut asam, karena bahan kimiawi (bersifat) abrasif,” kata seorang dokter gigi, Sonya Krasilnikov, di New York City's Dental House. Meiners mengatakan bahwa ketika Anda melakukannya, Anda semakin menempelkan dan menggesek lebih banyak asam ke gigi Anda dan "itu dapat menyebabkan (gigi) lebih cepat rusak dan membuatnya semakin sensitif."

Tapi jika Anda melakukannya hanya sesekali, Anda tidak perlu cemas, mungkin hanya akan terjadi abrasi mikro. Tapi jika sudah biasa melakukannya, masalahnya akan menjadi kronis yang merusak enamel Anda, jelas seorang dokter gigi di Brooklyn Oak Dental Care, Siama Muhammad.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah-langkah menyikat gigi sebelum minum kopi:

Jika Anda memang menginginkan sensasi mulut bersih setelah minum secangkir kopi, dokter gigi menyarankan untuk menunggu setidaknya setengah jam sebelum menyikat gigi.

“Air liur Anda menetralkan pH di mulut Anda. Dalam setengah jam mulut Anda kembali ke keadaan sehat ketika ... pH harusnya sudah ada di mulut Anda, dan menyikat gigipun akan aman. Setengah jam biasanya merupakan waktu yang baik,” kata Krasilnikov.

Cara lainnya, kunyah permen karet bebas gula. “Saya sarankan setidaknya mengunyah permen karet bebas gula untuk merangsang pelindung alami Anda, yaitu air liur Anda sendiri. Ini bertindak sebagai penyangga dalam lingkungan asam itu,” kata Meiners. Ia merekomendasikan memilih permen karet bebas gula dengan xylitol, karena merupakan pengganti gula rendah kalori sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri.

Sementara sambil menunggu waktu untuk menggosok gigi, Anda bisa menghilangkan rasa kopi di mulut dengan membilasnya dengan air biasa, catat Muhammad, dengan menjelaskan bahwa flossing diikuti dengan bilas yang kuat akan ideal. “Itu benar-benar dapat membantu mulut Anda terasa lebih bersih dan membantu menyegarkan napas.”

3 dari 3 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.