Sukses

Menkes Gunadi: Beberapa Lab PCR Belum Konsisten Memasukkan Data COVID-19

Demi memastikan data COVID-19 lengkap, Kemenkes tingkatkan komunikasi dengan laboratorium PCR.

Liputan6.com, Jakarta Demi memastikan pelaporan data COVID-19 Yang lengkap, Kementerian Kesehatan akan meningkatkan komunikasi dengan laboratorium PCR pemeriksa spesimen di seluruh Indonesia. Upaya ini dilakukan karena masih ada laporan data COVID-19 dari lab yang belum sepenuhnya lengkap.

Adanya data COVID-19 yang belum lengkap, menurut Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjadi salah satu faktor penyebab positivity rate Indonesia tinggi di atas 20 persen. Positivity rate adalah perbandingan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

"Hipotesa kami soal positivity rate kenapa tinggi dipengaruhi dari pelaporan hasil lab yang masuk. Lab belum konsisten memasukkan data," ungkap Budi saat sesi 'Penjelasan Menteri Kesehatan mengenai Positivity Rate COVID-19' pada Rabu, 17 Februari 2021.

"Kami akan lebih meningkatkan komunikasi dengan lab PCR di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk memastikan agar mereka disiplin dan memasukkan data yang lengkap dan ontime (tepat waktu). Jangan ditunda (memasukkan data) terlampau lama."

Diharapkan komunikasi yang terjalin dengan lab PCR dapat mendorong tampilnya data COVID-19 dan positivity rate secara jelas.

"Sehingga kita bisa mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat," pungkas Budi Gunadi.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbaikan Sistem Aplikasi Pelaporan Data COVID-19

Sementara itu, pelaporan data COVID-19 di lapangan rupanya mengalami kendala. Informasi yang diterima Kemenkes, laboratorium pemeriksa spesimen kesulitan memasukkan data karena sistem sulit diakses.

Kondisi di atas membuat data COVID-19 yang masuk tidak menggambarkan sepenuhnya situasi di lapangan. Bahkan data yang masuk ke Kemenkes lebih banyak terdata konfirmasi positif COVID-19, sedangkan hasil negatif belum masuk semua.

"Kami memiliki hipotesa, banyak data dari lab yang kami terima lebih banyak hasil konfirmasi positif COVID-19. Ketika dicek, lebih banyak data masuk terkonfirmasi positif dibanding negatif," jelas Budi.

"Kami akan meningkatkan komunikasi dengan lab serta memperbaiki kualitas dan timing pelaporan data."

3 dari 3 halaman

Infografis Tes Antobodi vs Tes Antigen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.