Jokowi Pantau Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang

Oleh Aditya Eka Prawira pada 17 Feb 2021, 09:16 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 09:17 WIB
Banner Infografis Jokowi Usulkan DPR Revisi UU ITE, Hapus Pasal Karet? (Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Perbesar
Banner Infografis Jokowi Usulkan DPR Revisi UU ITE, Hapus Pasal Karet? (Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu pagi, 17 Februari 2021.

Pedagang  di pasar sehari-hari berinteraksi dengan pembeli. Interaksi yang tinggi membuat mereka tergolong rentan tertular Virus Corona. Itu mengapa pemerintah memasukan profesi tersebut ke dalam kategori petugas pelayanan publik yang menjadi sasaran utama pada program vaksinasi COVID-19 tahap kedua, bersama dengan masyarakat lanjut usia (lansia)

Dari siaran langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi hadir dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Menkes Budi mengenakan kemeja batik berwarna cokelat dan celana hitam, dan Anies Baswedan memakai seragam dinas.

Setelah beberapa menit berada di halaman depan lokasi vaksinasi, tempat para calon penerima vaksin Corona mengantre, Jokowi dan rombongan bergegas menuju ruangan bagian dalam.

Jokowi, Menkes Budi, dan Anies Baswedan lalu menuju meja tempat para pedagang di Pasar Tanah Abang disuntikan vaksin Sinovac.

"Sakit?," tanya Menkes Budi kepada salah satu peserta vaksinasi COVID-19.

"Tidak," jawab orang tersebut.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang

Pada hari ini, Rabu, 17 Februari 2021, vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik dimulai, yang diawali para pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sasaran vaksinasi bagi pedagang Pasar Tanah Abang sebanyak 55.000 orang.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, menyampaikan, penyuntikkan vaksinasi COVID-19 perdana kepada pedagang Pasar Tanah Abang termasuk dalam bentuk klaster.

"Ini adalah upaya kita memberikan vaksinasi dalam bentuk klaster (pasar). Ini juga menandakan bahwa kita sudah memulai pemberian vaksinasi COVID-19 untuk tahap kedua ya," ujar Nadia saat dialog 'Vaksinasi Tahap Kedua di Depan Mata' pada Selasa, 16 Februari 2021.

"Secara perdana, kita akan memulai dengan memberikan vaksinasi kepada pedagang pasar. Karena pedagang pasar merupakan salah satu kelompok pemberi pelayanan publik yang rentan tertular Virus Corona," Nadia melanjutkan.

Untuk penyuntikkan vaksin seluruh sasaran pedagang Pasar Tanah Abang, direncanakan selama empat hari.

"Kita akan mulai vaksinasi tahap kedua pada 17 Februari 2021, pertama disuntik itu pedagang Pasar Tanah Abang. Selama empat hari nanti pemberian vaksinasi kepada pedagang pasar," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓