Sukses

Pedagang Pasar Tanah Abang Hari Ini Ikut Vaksinasi COVID-19, Sosialisasi Gencar Dilakukan

Sosialisasi terkait vaksinasi COVID-19 kepada Pedagang Pasar Tanah Abang sudah dilakukan berhari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada hari ini, 17 Februari 2021 bakal mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Sosialisasi mengenai kegiatan tersebut rutin digencarkan beberapa hari sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengatakan, penyuntikan vaksin perdana kepada pedagang Pasar Tanah Abang sebagai tanda bahwa vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi petugas pelayanan publik dimulai.

Pedagang pasar sehari-hari berinteraksi dengan pembeli. Interaksi yang tinggi membuat mereka tergolong rentan tertular Virus Corona. Itu mengapa pemerintah memasukan profesi tersebut masuk kategori petugas pelayanan publik.

"Sebelum pelaksanaan vaksinasi pada 17 Februari 2021, selama dua hingga tiga hari ini kami memberikan sosialisasi kepada seluruh pedagang pasar di Tanah Abang secara rutin," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, saat dialog 'Vaksinasi Tahap Kedua di Depan Mata' pada Selasa, 16 Februari 2021.

"Untuk sosialisasi, kami memanfaatkan berbagai media. Menampilkan jingle-jingle juga iklan layanan masyarakat tentang manfaat vaksinasi COVID-19. Diharapkan hal itu bisa memberikan informasi kepada masyarakat," Nadia melanjutkan.

Selain itu, Kementerian Kesehatan turut menyebarluaskan flyer dan media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang manfaat vaksin COVID-19.

"Sosialisasi vaksin dan vaksinasi COVID-19 nanti terus-menerus kami lakukan," ujarnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Pemberian Vaksinasi COVID-19

Nadia memaparkan, pedagang pasar, seperti di Tanah Abang masuk kelompok prioritas pemberian vaksin COVID-19. Ditargetkan sebanyak 55.000 pedagang Pasar Tanah Abang ikut vaksinasi yang berlangsung bertahap selama empat hari.

Selain pedagang pasar, target vaksinasi tahap kedua juga mencakup lansia di atas 60 tahun. Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap kedua mencapai 38.513.446, yang terdiri dari 21,5 juta lansia dan hampir 16,9 juta pekerja pelayanan publik.

"Prioritas pemberian vaksinasi tentunya berdasarkan kelompok umur dan profesi. Lansia yang pertama, kemudian ada pedagang pasar, pendidik, tokoh agama, penyuluh agama," papar Nadia.

"Selanjutnya, ada wakil rakyat, pejabat pemerintah, Aparatur Sipil Negara (ASN), aparat keamanan, pekerja pariwisata, pekerja pelayanan publik, pekerja transportasi publik, termasuk para pekerja di bidang transportasi, kereta api juga transportasi udara, darat, dan laut. Mereka juga sudah mulai pemberian vaksinasinya."

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.