4 Cara Tingkatkan Kualitas Hidup Demi Panjang Umur

Oleh stella maris pada 16 Feb 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 03:41 WIB
Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat
Perbesar
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Matt

Liputan6.com, Jakarta Panjang umur. Satu kalimat pasti yang diharapkan banyak orang, untuk hidup lebih lama karena ingin menikmati banyak momen dalam hidupnya. 

Namun panjang umur aja nggak cukup, jika nggak didukung dengan kesehatan. Yup, kesehatan faktanya sangat menunjang kualitas hidup. 

Maka dari itu, di tengah pandemi dan musim pancaroba seperti sekarang ini, ada baiknya kita menjaga kesehatan dengan meningkatkan sekaligus menguatkan imun tubuh. Caranya:  

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Berjemur

Salah satu alasan kamu harus bangun lebih awal, bukan sekadar untuk melakukan aktivitasmu. Ada baiknya sebelum aktivitasmu dilakukan, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari. 

Waktu terbaik untuk berjemur sinar matahari di atas pukul 09.00 dengan batas maksimal adalah pukul 11.00. Waktu berjemur pun hanya 15 menit.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Berolahraga

Agar tubuh tetap sehat dan fit, lakukan aktivitas fisik secara aktif. Kamu dapat berolahraga dari yang paling ringan, lalu tingkatkan frekuensi, intensitas, dan durasi dari waktu ke waktu. 

Jenis olahraga untuk dewasa, rekomendasinya adalah latihan aerobik minimal 150 menit untuk olahraga ringan. Sementara jika kamu menggemari latihan aerobik berat, durasinya minimal 75 menit atau 150 menit. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Pola Makan

Selain dua hal di atas, tubuh juga membutuhkan dukungan dari apa yang kamu konsumsi. Yup, atur pola makan dengan cara menambah protein dari daging, susu, brokoli, ikan atau udang. 

Penuhi juga gizi sehat dengan karbohidrat kompleks dari nasi, wortel, apel, kacang-kacangan, atau pisang untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Suplemen

Sudah bukan rahasia lagi, kalau suplemen vitamin C dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Itu karena vitamin C dapat membantu memproduksi sel darah putih yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi. 

Nah rekomendasi minuman kesehatan yang tepat dikonsumsi selama pancaroba di masa pandemi yang mengandung Biang Vitamin C--zat aktif 1000mg. 

Ya, vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi biomolekul penting dalam tubuh, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, dari kerusakan oksidan yang dihasilkan selama metabolisme sel normal dan melalui paparan racun dan polutan. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman