Sukses

Jepang Setujui Penggunaan Vaksin COVID-19 Pfizer, Penyuntikkan Direncanakan Pekan Ini

Jepang merencanakan vaksinasi COVID-19 akan dimulai sekitar hari Rabu pekan ini

Liputan6.com, Tokyo - Jepang menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 pertamanya yang dikembangkan oleh Pfizer pada Minggu waktu setempat. Dalam beberapa hari ke depan vaksinasi di negara itu akan mulai dilakukan.

Kementerian Kesehatan Jepang mengeluarkan pengumuman itu usai pada hari Jumat lalu, panel pemerintah mengatakan bahwa berdasarkan uji klinis di Jepang, vaksin COVID-19 Pfizer menunjukkan hasil efikasi serupa dengan tes di luar negeri.

Mengutip Japan Times pada Senin (15/2/2021), Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura mengatakan, uji klinis pada 160 orang di Jepang berusia 20 sampai 85 tahun, mengonfirmasi bahwa vaksin Pfizer efektif memproduksi antibodi yang sejalan dengan uji klinis di negara lain.

Dikutip AP News, Jepang merencanakan vaksinasi pertama pada sekitar 20 ribu tenaga kesehatan di rumah sakit sekitar hari Rabu pekan ini. Sekitar 3,7 juta petugas medis lainnya akan menyusul.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan, lansia berusia 65 tahun ke atas akan mendapatkan tiket vaksinasi pada akhir Maret dengan penyuntikkan dimulai April.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sasaran Vaksinasi di Jepang

Ekspatriat dan warga negara asing lain di Jepang yang terdaftar di tempat tinggal mereka, serta diplomat yang memenuhi syarat, juga akan mendapatkan vaksinasi.

Kelompok prioritas lainnya adalah 8,2 juta orang dengan kondisi kronis, 2 juta petugas perawatan, 7,5 juta orang berusia 60 hingga 64 tahun. Vaksinasi bagi masyarakat umum lain yang memenuhi syarat direncanakan tersedia pada bulan Juni.

Pejabat Kemenkes Jepang Yuta Yamashita mengatakan, penyuntikkan bisa segera dimulai jika panel kementerian soal logistik vaksinasi memberikan izin.

Pada Jumat lalu, pengiriman pertama vaksin corona Pfizer tiba di Narita International Airport dari Brussels, membawa sekitar 400 ribu dosis vaksin.

Jepang sendiri telah menandatangani kontrak untuk menerima 144 juta dosis vaksin Pfizer, yang cukup untuk menginokulasi 72 juta orang hingga akhir tahun 2021.

Pemerintah setempat juga telah mengamankan puluhan ribu pendingin yang dapat menyimpan vaksin tersebut dengan suhu di bawah 75 derajat Celsius. Selain dari Pfizer, Jepang juga direncanakan memakai vaksin corona dari AstraZeneca dan Moderna.

3 dari 3 halaman

Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.