Dengarkan Musik hingga Tertidur, Pria di AS Tak Sadar Telan Earphone Nirkabel

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 16 Feb 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Feb 2021, 06:00 WIB
[Fimela] earphone
Perbesar
ilustrasi earphone | unsplash.com/@aaina

Liputan6.com, Jakarta - Bradford Gauthier tidur dengan mendengarkan musik dari earphone nirkabelnya. Ia tertidur hingga tak sadar bahwa salah satu dari perangkat termasuk tertelan olehnya.

Pria asal Massachusetts, Amerika Serikat itu mengatakan bahwa di pagi hari, ia kehilangan salah satu earphone nirkabel Apple AirPods-nya. Dia lalu mengerjakan kegiatannya seperti biasa.

Usai membersihkan salju, Gauthier meminum segelas air. Hanya saja, ada yang aneh. Dia merasa air itu tak bisa turun dalam tubuhnya. Sang putra pun mengatakan, hal itu mungkin karena earphone-nya yang hilang.

Dikutip dari New York Post pada Minggu (14/2/2021), Gauthier mengatakan awalnya ia mengira bahwa putranya dan sang istri hanya bercanda.

"Namun tampaknya terlalu kebetulan bahwa saya kehilangan itu saat saya pergi tidur dengannya, sementara saya merasakan ada yang tersumbat di tengah dada saya," kata Gauthier pada 22 News.

Dikutip dari The Indian Express, ia lalu dibawa ke ruang gawat darurat. Dokter yang melakukan rontgen menemukan sebuah perangkat itu di bagian bawah kerongkongannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Masih Setengah Berfungsi

Mereka lalu melakukan endoskopi darurat untuk mengambil alat itu. Gauthier lalu kembali ke rumah dan beraktivitas seperti biasa, tanpa ada gangguan lebih lanjut.

"Dokter mengatakan sangat jarang untuk terjadinya penyumbatan tanpa rasa sakit atau sangat tidak nyaman," kata pria itu.

Ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah terpikir bahwa tidur dengan perangkat itu bisa berbahaya. "Saya sangat beruntung," tambahnya.

"Berhati-hatilah saat mendengarkan headphone nirkabel saat Anda tertidur, Anda tidak akan pernah tahu di mana mereka akan berakhir!" ujarnya dalam sebuah unggahan di Facebook.

Karena banyak yang bertanya apakah perangkat itu masih berfungsi, Gauthier sambil bercanda mengatakan bahwa alat itu masih bisa digunakan.

"Ini berfungsi, tapi hanya setengah volume. Pasti ada cukup banyak air di dalamnya. Mudah-mudahan kalau sudah kering bisa berfungsi dengan baik hahaha," kata pria itu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan Pertama Kalinya

Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Perbesar
Earphone (Sumber: Pixabay)

Kejadian ini bukan yang pertama kali. Tahun 2020, seorang anak laki-laki tujuh tahun di Georgia dirawat setelah tak sengaja menelan earphone bermerek yang sama. Untungnya, ia tidak harus melakukan operasi karena benda itu diharapkan bisa keluar dengan sendirinya.

Selain itu, mengutip Business Insider, pada tahun 2019, seorang pria di Taiwan bernama Ben Hsu mengklaim bahwa AirPod-nya masih berfungsi usai dirinya tak sengaja menelannya.

Hsu menceritakan bahwa ia kehilangan benda itu usai bangun tidur dan melakukan pelacakan untuk perangkat itu, dengan membuatnya memutarkan musik.

"Saya memeriksa di bawah selimut dan melihat sekeliling tetapi tidak dapat menemukannya, kemudian saya menyadari suara itu berasal dari perut saya," katanya.

Petugas medis pun mengatakan bahwa perangkat itu ada di perutnya dan akan segera keluar melalui proses pencernaannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓