Sukses

Menkes Budi Gunadi: Cita-Cita Saya Mendatangi Seluruh Kabupaten-Kota di Indonesia

Menkes Budi Gunadi bercita-cita ingin mendatangi seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin rupanya bercita-cita ingin mendatangi seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Cita-cita itu pun sebagian besar terwujud. Terlebih lagi karier yang lama dijajakinya di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuat mantan Wakil Menteri BUMN ini turut terjun bertugas ke berbagai daerah

Hingga sekarang, Budi Gunadisudah mendatangi 494 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. Tinggal 20 kabupaten/kota yang belum dikunjunginya. Walau begitu, ia tak menyebut satu persatu kabupaten/kota mana saja yang belum disambangi.

"Saya sendiri dulu pernah bekerja di kantor yang terdapat cabang di seluruh Indonesia. Cita-cita saya sampai selesai (pensiun) ya datengin semuanya (kabupaten/kota)," tutur Budi saat memberikan sambutan dalam acara Ministerial Lecture CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2021, Kamis (11/2/2021).

"Nah, karena kabupaten/kota bertambah terus, sampai sekarang Saya baru bisa mendatangi 494 kabupaten/kota dari 514 kota/kabupaten. Jadi, ada sekitar 20 kabupaten/kota yang belum Saya datangi."

Harapan Budi selama mengemban amanah menjadi Menteri Kesehatan, ia dapat berkunjung ke 20 kabupaten/kota lainnya demi menuntaskan datangi 514 kabupaten/kota.

"Mudah-mudahan ada kantor Kementerian Kesehatan di kabupaten/kota tersebut (yang belum dikunjungi Budi), sehingga saya bisa 'melunasi utang' mendatangi seluruh 514 kabupaten/kota di Indonesia. Tentunya, sebelum kita check out (pindah tugas/pensiun)," harap Budi Gunadi.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenangan Budi Gunadi Lihat Salju di Papua

Cita-cita mendatangi seluruh kabupaten/kota di Indonesia bagi Budi Gunadi supaya menjadi cerminan wajah Indonesia. Kita bisa mengetahui dan mengenal ragam budaya dan kehidupan masyarakat lokal.

"Dengan begitu (mendatangi kabupaten/kota di Indonesia) kita bisa melihat, begini lho (wajah) Indonesia," ucap Budi.

Ketika memberikan sambutan di hadapan para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Kesehatan, Budi juga menyemangati agar tak perlu bersedih bila ditugaskan ke daerah Indonesia Timur, seperti Papua.

"Kerja di Kementerian Kesehatan, teman-teman (CPNS) bisa kerja di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote. Buat teman-teman, our country is very beautiful (negara kita sangat cantik). Jangan sedih kalau nanti tiba-tiba ditugaskan ke Papua," imbuhnya.

Budi pun terkenang saat bertugas di Papua sebelum menjabat Menteri Kesehatan. Di mata bapak tiga anak, Papua adalah pulau yang sangat indah, bahkan ada salju di Puncak Jaya.

"Papua adalah pulau yang indah. Saya bilang salah satu pulau yang sangat indah. Kalau mungkin teman-teman belum pernah lihat, saya sudah pernah lihat ada salju di atas sana," kenangnya.

"Kebetulan waktu itu pemilik perusahaan tempat saya bekerja mengajak ke atas (Puncak). Jadi, kita bisa datang, lalu naik helikopter."

3 dari 3 halaman

Infografis Indonesia, Tempat Transit Pengungsi Global

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.