Sukses

Ini Alasan Kamu Perlu Minum Air Putih Sebelum Tidur

Bernapas, berkeringat, dan bahkan bangun untuk buang air kecil di tengah malam semuanya berkontribusi pada kehilangan cairan.

Liputan6.com, Jakarta Air merupakan bagian terbesar dari tubuh manusia. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas atau tiga liter per hari. 

Bernapas, berkeringat, dan bahkan bangun untuk buang air kecil di tengah malam semuanya berkontribusi pada kehilangan cairan. Yup, penting buat diketahui bahwa saat tidur, tubuh kita akan kehilangan sekitar 500-600 gram cairan dalam tubuh. 

Laman Sleepadvisor.org menjelaskan, hal itulah yang mengajurkan kita minum air putih sebelum tidur. Lalu pertanyaannya sekarang, ketika kita minum air putih sebelum tidur, apakah ada dampak lain ke tubuh? Ada! 

1. Peningkatan Mood

Kehilangan cairan sebanyak 1,5 persen dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, perubahan suasana hati, sakit kepala, kurangnya motivasi, dan kesulitan berkonsentrasi. Dan tahukah kamu bahwa ternyata H20 memainkan peranan terhadap suasana hati. Menarik untuk dicatat bahwa pada saat tubuh merasa haus, mungkin kamu sudah kehilangan hingga dua persen dari cairan tubuh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Detoksifikasi

Air bermanfaat untuk mengangkut 'limbah' dalam tubuh, terutama yang berada di bagian hati dan ginjal. Ya, bagian tubuh itu membutuhkan air untuk membuang semua racun. Nah bayangkan, ketika dehidrasi tubuh akan menarik cairan dari usus besar yang dapat membuat pencernaan dan pergerakan usus jadi bermasalah.

 

3 dari 3 halaman

3. Cegah Sakit Kepala

Air memainkan peranannya untuk otak dan tubuh. Jadi nggak mengherankan jika dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Namun jika tubuh terhidrasi, kamu dapat membantu mencegah sakit kepala serta mengurangi frekuensi migrain.

Jadi sekarang sudah jelas kan mengapa harus minum air putih sebelum tidur? Tapi kalau mau mengonsumsi minuman isotonik sebelum tidur, boleh dan amankah? 

Ya, minuman isotonik dapat mengembalikan daya tahan tubuh akibat kekurangan cairan. Oleh karena itu, pilihlah minuman isotonik yang memiliki komposisi mirip dengan cairan tubuh sehingga diserap lebih cepat dan cepat gantikan cairan dan ion tubuh yang hilang. Dengan begitu, kesehatan dapat lebih terjaga dan aktivitas berjalan lancar.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini