Virus Corona Terus Bermutasi, Ahli Sarankan Pakai Masker Ganda

Oleh Fitri Syarifah pada 13 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 13 Feb 2021, 18:00 WIB
[Fimela] Sasa
Perbesar
Sasa memecahkan rekor MURI dengan membagikan 3000 masker dan faceshield di 3 stasiun dalam 100 menit.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah negara telah mendapatkan vaksin, namun virus corona ternyata lebih cepat menular dan bermutasi. Hal ini membuat para ahli tetap mengimbau penggunaan masker.

Saat ini Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan masker dan memakainya saat pergi. Beberapa orang bahkan membawa masker ekstra dan mencucinya setiap hari. Namun, dengan sekian banyak jenis masker, medis dan kain, tunggal, ganda dan tiga lapisan, mungkin membuat Anda kesulitan memilah dengan tepat yang mana yang Anda butuhkan dan kapan memakainya.

Seorang dokter penyakit menular di Rush University Medical Center di Chicago, Dr. Colleen Nash, MPH mengatakan bahwa sebaiknya kita mulai menggunakan masker ganda dan tidak melawannya.

"Masker ganda akan mencegah Anda memuntahkan partikel virus dan menghindari virus menembus masker," katanya, seperti dikutip Livestrong.

Menurut Nash, semakin banyak lapisan penghalang antara Anda dan udara, semakin baik. Namun, perlu dicatat bahwa ini bukan rekomendasi resmi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang masih meninjau penelitian tentang efektivitas penggunaan masker ganda. Untuk saat ini, CDC masih merekomendasikan masker yang setidaknya memiliki dua lapisan kain yang bisa dicuci dan bernapas.

Sementara Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Dr. Anthony fauci telah mendukung pemakaian masker ganda sejak 25 Januari lalu. "Hari ini, masker ganda mungkin membantu melindungi terhadap varian (yang lebih infektif) dan bahwa masuk akal jika itu akan lebih efektif."

Intinya, merupakan ide yang baik jika Anda memutuskan meninggalkan rumah dengan mengenakan masker ganda, baik tujuannya ke tempat umum di ruang terbuka maupun ke dalam ruangan. Anda tidak perlu memakai masker apabila hanya berada di rumah bersama orang yang tinggal bersama Anda.

 

2 dari 4 halaman

Bagaimana dengan faceshield dan N95?

Nash mengatakan, untuk tetap mengenakan setidaknya satu masker jika tidak bisa mengenakan ganda. Intinya, masker tunggal lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali, tetapi mungkin akan lebih baik jika memakai masker ganda.

Kapan memakai faceshield?

Dr. Nash mengatakan bahwa tidak ada tempat dan waktu yang tepat untuk hanya memakai faceshield saja, tetapi lain halnya jika memakai faceshield bersama dengan masker. CDC juga setuju bahwa faceshield tidak bisa menggantikan masker, karena faceshield memiliki banyak celah yang memungkinkan partikel virus lewati.

Jika Anda bekerja di tempat yang selalu berinteraksi dengan orang setiap hari, seperti warung, toko, dan sebagainya maka penambahan faceshield atau kacamata juga dapat memberikan lapisan perlindungan pada mata Anda. Meskipun hidung dan mulut adalah sumber penularan virus terbesar, mata juga merupakan jalur potensial.

Anda juga bisa mempertimbangkan memakai faceshield jika Anda berinteraksi dengan tunarungu atau orang dengan gangguan pendengaran. Dalam hal ini, pilihlah faceshield yang menutupi sisi wajah Anda dan panjangnya sampai bawah dagu Anda, saran CDC.

Intinya, selama Anda memakai faceshield, gunakanlah juga masker.

Kapan mengenakan masker N95?

CDC merekomendasikan masker N95 yang menyaring setidaknya 95% partikel besar dan kecil virus di udara. Namun bukan masker N95 yang ada katupnya. Katup tersebut memungkinkan partikel virus dari hidung dan mulut Anda untuk terlepas ke udara sekitar, membuat orang di sekitar penderita COVID-19 yang memakainya berisiko.

Karena pada awal pandemi masker ini sangat terbatas dengan jumlah permintaan yang membludak, masker ini hanya diijinkan untuk petugas medis. Maka dari itu lebih baik Anda memakai masker ganda daripada membahayakan petugas medis.

Cara memakai masker dengan benar

Untuk perlindungan maksimal bagi Anda dan orang sekitar Anda, pastikan untuk melakukan hal berikut:

- Kenakan masker Anda di atas hidung dan mulut Anda. (jangan di bawah hidung)

- Pastikan masker menempel pada wajah dan dagu Anda dengan baik. Masker dengan tali telinga yang dapat disesuaikan, kawat hidung, dan dagu yang pas dapat membantu agar sesuai

- Cuci tangan Anda atau gunakan hand sanitizer sebelum mengenakan masker

- Jangan menyentuh atau menyesuaikan masker Anda saat memakainya

3 dari 4 halaman

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19.

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓