Sukses

Hal Positif yang Bisa Didapat Jika Asal Usul Virus Corona COVID-19 Ditemukan

Asal usul Virus Corona harus segera ditemukan agar pandemi COVID-19 cepat tertangani di seluruh dunia

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian asal usul Virus Corona penyebab COVID-19 belum mencapai titik akhir. Padahal, jika asal usul ini telah diketahui, ada sejumlah hal positif yang bisa didapatkan.

Begitu kata Peneliti Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr.rer.nat. Wien Kusharyoto. Menurutnya, penemuan asal usul Virus Corona COVID-19 akan menambah kewaspadaan dan penguatan antisipasi di masa depan.

“Artinya kita menjadi lebih waspada dan di masa depan juga bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya wabah yang baru,” ujar Wien kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (11/2/2021).

Sebaliknya, Wien juga menyebutkan dampak negatif jika asal usul Virus Corona atau SARS-CoV-2 ini tidak ditemukan.

“Ya otomatis kita tidak tahu kita harus melakukan apa. Kalau kita tidak tahu alurnya seperti apa maka kita akan sulit mengantisipasinya,” Wien nemambahkan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulitnya Menemukan Lingkaran Awal

Sulitnya menemukan lingkaran awal sebaran COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para peneliti. Padahal, semakin cepat lingkaran awal diketahui maka semakin mudah penemuan asal mula virusnya, kata Wien.

Dalam masalah ini, Wien melihat adanya ketidakterbukaan informasi. Beberapa informasi awal terkait COVID-19 cenderung terkesan ditutup-tutupi.

“Pada dasarnya semua tergantung pemerintah China sendiri sih, karena pada tahap awal tindakan-tindakan yang sudah dilakukan terkesan ditutup-tutupi dan pemerintah China seharusnya membuka semuanya kepada mereka yang melakukan investigasi.”

“Meskipun kita tidak tahu apa yang disembunyikan tapi kan kita tahu sendiri bahwa pada awalnya boleh dikatakan terjadi semacam keterlambatan baik dari pemerintah China sendiri maupun dari WHO dalam menetapkan kasus pandeminya.”

Walau demikian, Wien tidak menampik bahwa ada potensi bahwa COVID-19 itu bukan berasal dari China. Namun, hal ini perlu dibuktikan secara ilmiah atau berbasis data-data yang akurat.

“Kemungkinan itu ada tapi sekali lagi itu harus dibuktikan secara ilmiah atau berbasis data yang akurat bisa dilihat dari kasus penyebaran dan kasus pemeriksaan yang lebih detail terkait awal penyebaran tersebut,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Wuhan Kota Mati Akibat Virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.