Sukses

Studi: Pakai Masker Dobel Mampu Kurangi Penyebaran Virus Corona Penyebab COVID-19

Memakai masker rangkap dua sekaligus dapat memblokir 92,5 persen partikel Virus Corona COVID-19

Liputan6.com, Washington - Tujuan memakai masker selama pandemi COVID-19 adalah mencegah droplets atau tetesan dan Virus Corona mencapai mulut dan hidung seseorang. Sehingga dengan masker sebagai penghalang, secara alami akan meningkatkan perlindungan diri.

Namun, pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) mengatakan, dalam sebuah percobaan laboratorium, mengenakan dua masker sekaligus jauh lebih efektif untuk mengurangi paparan seseorang terhadap Virus Corona, ketimbang hanya memakai satu masker.

Hal tersebut juga didukung dari hasil penelitian yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Januari 2021, yang meneliti tiga jenis pemakaian masker. Yakni penggunaan masker kain, masker medis, dan pemakaian dua masker sekaligus.

Hasilnya, masker prosedur medis tanpa ikatan saja memblokir 42 persen partikel virus dari simulasi batuk, dan masker kain memblokir 44,3 persen. Sedangkan kombinasi pemakaian keduanya sekaligus dapat memblokir 92,5 persen partikel Virus Corona.

Dalam eksperimen lain, CDC mencoba mensimulasikan penyebaran COVID-19 selama bernapas ketika satu atau dua orang menggunakan masker dengan benar. Hasilnya, mereka menemukan paparan Virus Corona berkurang 82,2 persen saat menggunakan masker ganda.

Ketika sumber dan penerima simulasi aerosol pernapasan dipasangkan dengan masker ganda atau masker medis yang diikat dan diselipkan, eksposur penerima berkurang masing-masing 96,4 persen dan 95,9 persen.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Ganda untuk Mencegah Tertular Virus Corona Varian Baru

Dengan lebih banyak varian Virus Corona yang sangat menular muncul, petugas medis CDC John Brooks mengatakan bahwa apapun akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas masker agar bekerja lebih baik, sehingga bisa cepat mengakhiri pandemi COVID-19.

Meski penggunaan satu masker tingkat efektifnya tidak sebesar penggunaan masker ganda, CDC menegaskan itu lebih baik ketimbang tidak memakai masker sama sekali.

Data CDC menunjukkan bahwa memakai masker membantu mengurangi paparan partikel aerosol seukuran tetesan yang menyebarkan COVID-19.

"Masker berfungsi, dan mereka bekerja paling baik jika ukurannya pas dan dikenakan dengan benar," ujar Direktur CDC Rochelle Walensky dikutip laman Channel News Asia, Kamis (11/02/2021).

 

(Penulis: Rizki Febianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.