Sukses

YKI: Banyak Pasien Kanker Lambung Datang ke Dokter Sudah Tak Bisa Dioperasi

Banyak pasien kanker lambung yang datang ke dokter sudah tak bisa dioperasi.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Aru Sudoyo mengatakan, pasien kanker lambung lebih banyak yang datang periksa ke dokter sudah tidak bisa dioperasi lagi. Hal ini berdasarkan pengalaman sehari-hari yang ditemui Aru selama praktik.

"Pengalaman Saya ya, lebih banyak kondisi pasien kanker lambung sudah tidak bisa dioperasi lagi. Grade-nya (stadium) itu grade 3 dan 4. Jarang Saya menangani pasien grade 1 dan 2," tutur Aru saat dialog Gaya Hidup Masa Kini: Waspada Kanker Lambung Mengintai Anda! pada Rabu, 10 Februari 2021.

"Pada awalnya, kanker lambung sering disangka sebagai sakit mag biasa, sehingga sebagian besar pasien datang terlambat dan sudah pada stadium lanjut.”

Berdasarkan tingkat keparahan, kanker lambung dibagi menjadi 4 stadium. Stadium 1, tumor ganas berada pada lapisan dalam rongga lambung dan menyebar ke kelenjar getah bening sekitarnya.

Pada stadium 2, kanker sudah menyerang ke lapisan otot lambung dan menyebar ke kelenjar getah bening.

Stadium 3, seluruh lapisan lambung sudah digerogoti kanker atau banyak pertumbuhan tumor ganas kecil yang menyebar luas ke kelenjar getah bening. Stadium 4, penyebaran kanker lambung pada tahap ini sudah semakin parah dan mencapai organ tubuh lain.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tumor Bermetastasis di Dalam Lambung

Aru meminta masyarakat waspada terhadap gejala kanker lambung, seperi nyeri perut, nyeri ulu hati, dan muntah dengan/tanpa darah.

“Masyarakat perlu lebih waspada bahwa terhadap gejala kanker lambung. Jika tidak ditangani sejak dini, maka berpotensi terjadi mutasi yang dapat membentuk tumor di dalam lambung," jelasnya.

"Kondisi ini dapat bermetastasis atau menyebar ke bagian lain di tubuh, misal hati, peritoneum--lapisan tipis dinding perut bagian dalam, hati dan tulang."

Dalam menangani pasien kanker lambung stadium lanjut, Aru menggunakan obat-obatan yang bisa menekan perkembangan tumor. Upaya ini melambat tumor tumbuh.

"Sekarang ini sudah ada obat-obatan yang dapat dipakai untuk menekan, menahan, dan melambatkan pertumbuhan kanker lampung," lanjut Aru.

"Jadi, sekarang (pengobatan) sudah berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Selain itu, kombinasi obat tidak cukup satu. Dan soal ini ya pasti harganya mahal."

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.