Sukses

HPSN 2021, Kelola Sampah Sebagai Bahan Baku Ekonomi

Pengelolaan sampah yang baik bisa berbuah manis. Dengan pengelolaan yang baik sampah bisa sumber energi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang sampah hanyalah sampah. Lewat pengelolaan sampah yang tepat, sampah bisa menjadi bahan baku yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai ekonomi bahkan sumber energi alternatif. 

Terkait itulah, pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang jatuh pada 21 Februari 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengajak masyarakat mengelola sampah agar bernilai ekonomis. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi sampah di Indonesia.

"HPSN 2021 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Hal itu diungkapkan Siti Nurbaya lewat Surat Edaran tentang HPSN 2021 pada 1 Februari lalu yang dikirimkan ke Menteri, Kepala Lembaga, Gubernur, Bupati, dan Walikota.

 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Industri Pengolahan Sampah

Industri pengelolaan sampah, menurut Siti, juga harus dikembangkan. Seperti industri pengumpulan dan pengangkutan sampah, industri alat dan mesin pengolah sampah, industri daur ulang, industri komposting dan biogas serta industri sampah menjadi energi alternatif.

Pengembangan industri tersebut selain membuat sampah jadi berkurang juga menggerakan roda ekonomi berbahan baku sampah.

"Memanfaatkan momentum positif tersebut, maka HPSN 2021 dijadikan platform untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya seperti mengutip dari laman Instagram @kementerianlhk.

Pada peringatah HPSN 2021 ini, fokus kegiatan dilakukan melalui upaya pengelolaan samapah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam pertumbujan ekonomi. Ragam kegiatan sampah dilakukan dari tingkat nasional sampai daerah yang melibatkan banyak sektor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini