Sukses

Penis Bau Tak Sedap, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika penis beraroma kurang sedap, berikut saran pakar tentang hal yang harus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Selangkangan merupakan inkubator sempurna penyebab penis tak sedap. Jika baunya tidak memengaruhi Anda, sebenarnya kemungkinan besar Anda baik-baik saja.

Jika penis Anda mengeluarkan cairan berbau menyengat atau tidak sedap, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan. Bisa saja itu merupakan infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia.

Sementara, jika baunya hanya muncul di penghujung hari, mungkin itu adalah akibat campuran keringat dan bakteri alami.

“Keringat dan kelembapan bercampur dengan bakteri alami pada kulit Anda menyebabkan bau badan,” kata dermatolog, Dr. Kelley Pagliai Redbord, di George Washington University seperti mengutip Men's Health.

Guna menjaga kesehatan area selangkangan caranya mudah. Berikut diantaranya:

1. Cukur rambut sekitar kemaluan

Cukup dengan trim, karena rambut kemaluan 'menangkap' kelembapan dan bau dan juga menyulitkan kulit di bawahnya untuk tetap kering. "Anda tidak perlu mencukurnya hingga botak. Hal ini dapat membantu mencegah bau," kata Redbord.

2. Bersihkan

"Anda sudah kalah perang jika Anda gagal membersihkan kotoran berbau busuk yang menumpuk di banyak lipatan penis," kata seorang ahli urologi, Dr. Tobias Köhler, di Southern Illinois University.

Berikan sedikit tekanan dan pastikan bersih hingga ke sela-sela. Ia juga menyarankan untuk menggunakan sabun antibakteri jika langkah di atas gagal. Tetapi pastikan sabun tersebut tidak berbau menyengat dan tidak mengandung bahan kimia yang keras.

Bagi Anda yang tidak disunat, pastikan untuk membersihkan area di bawah kulup, tegasnya. "Sekresi dari kelenjar minyak dan sel kulit mati dapat menumpuk di bawah sana dan mengundang penumpukan bakteri, dengan kata lain, menyebabkan bau tak sedap pada penis Anda," tambahnya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pastikan sudah kering atau tidak lembab sebelum memakai pakaian

"Kurangi kelembapan di area tersebut, dan Anda akan mengurangi bau di sekitar aku," kata Redbord.

Oleh karena itu, Anda perlu mengeringkan pakaian, terutama saat musim kemarau ketika suhu meningkat. Tentu kelembapan juga bisa menyebabkan gatal di selangkangan. Pria yang rentan terhadapnya sering kali mengatasinya dengan bubuk antijamur.

Handuk atau waslap basah juga menumpuk bakteri, sehingga menimbulkan bau tak sedap. Maka pastikan untuk menggunakan handuk bersih dan kering setiap kali keluar dari toilet.

4. Memilih pakaian dalam berbahan katun

Bahan katun membuat kulit masih bisa bernapas dan menyerap keringat, jadi cocok bila digunakan sebagai pakaian dalam, saran Redbord.

3 dari 3 halaman

Infografis ukuran penis di berbagai negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.