Sukses

Andien Lulus Pedidikan Kesehatan Mental, dari Psikoterapi Jung hingga Psikopatologi

Andien berharap dapat membagikan pengetahuannya tentang kesehatan mental kepada orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi jazz, Andien Aisyah, dalam akun Instagram pribadinya, @andienaisyah, membagikan momen saat dirinya lulus dalam pendidikan kesehatan mental yang telah dia jalani bersama suaminya, Irfan Wahyudi, selama dua tahun.

"Graduated! But it's only the beginning," tulis Andien.

Dalam unggahannya Andien turut membagikan foto sertifikat tanda kelulusannya. Tertulis 'Diploma in Continuing Professional Development Psyche & Soma Practitioner' di selembar sertifikat tersebut.

Andien dinyatakan telah menyelesaikan semua program studinya, seperti Keterampilan Konseling Mikro Dasar, Psikoterapi Jung, Konseling Transpersonal, Konseling Psikologi Astrologi, Konseling Desain Manusia, Psikopatologi, dan lain sebagainya.

Andien, menjelaskan, alasan dia mengambil pendidikan ini untuk memperdalam ilmu mengenai kesehatan mental, serta lebih memahami dirinya sendiri.

"Masih jelas di ingatanku gimana bisa nyampe di academy ini, the universe leads me here. To learn and to empower myself," kelanjutan dari keterangan foto yang diunggah pada Andien pada Minggu, 31 Januari 2021.

Ibu dua orang ini, mengaku, sempat mengalami beberapa kendala dalam menempuh pendidikannya. Dari mulai sulit untuk fokus karena terdapat pekerjaan lain yang harus dilakukan, hingga rasa takut yang timbul untuk lebih dalam memahami dirinya.

"Pelan-pelan membuka lapisan kulit bawang yang rasanya perih dan enggak ada habisnya, sampai ketakutan yang aku rasa berubah menjadi excitement. Sampai hari ini pun aku masih berproses," tulis Andien.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Dapat Membantu Orang Lain

Lewat pendidikan yang telah diselesaikannya, Andien berharap dapat membagikan pengetahuan tentang kesehatan mental kepada orang lain.

"Semoga ilmu ini bisa terus aku aplikasikan untuk menyentuh banyak jiwa dan bertumbuh bersama yang terkasih dengan perjalanannya masing-masing," tulisnya.

Tampak teman dan penggemarnya banyak memuji dan memberikan selamat atas pencapaian yang telah diraih Andien.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Andien (@andienaisyah)

Beberapa warganet juga meminta Andien untuk segera membuat konten terkait kesehatan mental. "Next! More content about self healing, pls," tulis akun @imamtan.

"Ditunggu yaa," tulis singkat Andien membalas komentar tersebut.

3 dari 3 halaman

Ilmu yang Dipelajari Andien

Melalui keterangan di foto yang telah mendapatkan 12 ribu tanda suka (likes), Andien menyebut bahwa dirinya mempelajari beberapa ilmu terkait kesehatan mental.

Seperti Jungian Psychotherapy, Human Design, Astrological Psychology, dan Spiritual Psychology.

Cabang-cabang ilmu tersebut diketahui juga merupakan metode bagi seorang terapis untuk dapat memahami kepribadian seseorang, termasuk sifat, karakter, dan bakat. Dengan memahami hal seperti itu, seorang terapis mampu memahami cara paling pas untuk memberikan solusi ke pasiennya.

Penulis: Rizki Febianto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.