Sukses

Keju Alami dan Keju Olahan, Apa Bedanya?

Beda bahan dan cara pembuatan, ini perbedaan keju alami dan keju olahan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar keju, tahukah Anda bahwa ada keju alami (natural cheese) dan keju olahan (processed cheese)? Di rak-rak keju supermarket bisa mudah menemukan hal ini karena dibuat dengan cara dan bahan yang sedikit berbeda.

"Keju alami dibuat hanya dengan bahan-bahan sederhana. Termasuk di dalamnya susu segar berkualitas tinggi, kultur dan enzim," kata Dairy Food Manager Fonterra Brands Indonesia, Tri Hastuti. K

Kemudian keju alami tersebut akan difermentasikan dalam hitungan bulan, belasan bulan bahkan puluhan bulan. Lama waktu fermentasi akan memengaruhi tekstur, aroma, dan rasa keju.

"Keju usia fermentasi tiga bulan, teksturnya sedikit kenyal, fresh. Yang usia fermentasi 18 bulan, tekstur kejunya tidak lengket, dan kering. Cocok dipasangkan dengan makanan apapun, ini favorit, " kata wanita yang karib disapa Uti dalam peluncuran Mainland Natural Cheese secara daring beberapa waktu lalu.

Bila melihat nilai gizi, Uti menyampaikan lama waktu fermentasi tidak terlalu memengaruhi gizi keju alami.

Sementara itu, keju olahan memiliki bahan dasar yang sama dengan keju alami. Namun, dalam proses pengolahan berbeda yakni ditambah pengemulsi, lemak, garam, dan pengatur keasaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menyimpan Keju

Apapun jenisnya, penyimpanan keju terbaik usai dibuka yakni di kulkas. Jadi, usai dibuka lalu tutup rapat-rapat kemudian masukkan ke kulkas dengan suhu empat derajat Celsius.

"Bisa sih taruh di freezer untuk keju alami tapi ini bisa mengubah tekstur dan rasa," kata Uti.

3 dari 3 halaman

Infografis 7 Tips Cegah Klaster Keluarga COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.