Berkat Anjing, Penggemar Miami Heat Dapat Kembali Tonton NBA Secara Langsung

Oleh Liputan6.com pada 02 Feb 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 02 Feb 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Anjing Labrador
Perbesar
Ilustrasi Anjing Labrador. (Liputan6/Pixabay)

Liputan6.com, Washington - Penggemar klub bola basket Amerika Serikat, Miami Heat, akhirnya dapat melihat pemain favoritnya secara langsung di lapangan. Hal ini disebabkan pihak klub telah mengizinkan penggemar untuk datang menonton pertandingan NBA secara langsung.

Ini merupakan yang pertama kalinya sejak NBA melarang penonton datang ke lapangan untuk menonton secara langsung, pada Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Penggemar Heat dapat berterima kasih kepada anjing yang disediakan pihak klub, karena anjing tersebut telah dilatih untuk dapat mendeteksi seseorang yang telah terinfeksi Virus Corona penyebab COVID-19

Dalam laga pada Kamis, 28 Januari 2021, saat Heat melawan LA Clippers, terpantau dua anjing mengendus setiap orang dalam barisan penggemar yang menunggu untuk memasuki arena.

"Anjing bisa mendeteksi obat-obatan, jadi mengapa tidak untuk Virus Corona? Saya pikir itu akan mencegah banyak virus menyebar, banyak orang yang masuk ke gedung yang terkena," ujar salah seorang penggemar Heat, Kayla Roeber, diwartatakan AFP dan dikutip dari situs Channel News Asia pada Selasa, 2 Februari 2021.

Jika anjing tersebut mendeteksi adanya Virus Corona di tubuh seseorang, dia akan menunjukkannya kepada pawangnya dengan cara duduk di sebelah orang yang terinfeksi COVID-19.

 

2 dari 4 halaman

Calon Penonton yang Terdeteksi Virus Corona Harus Memisahkan Diri

Orang yang dideteksi anjing itu pun harus keluar dari barisan bersama rekannya jika dia bersama orang lain, dan tidak diizinkan untuk memasuki permainan. Tiket mereka juga akan dikembalikan.

"Mereka dapat menemukannya (Virus Corona) dalam hitungan detik. Anjing adalah sistem deteksi yang paling efisien," kata Wakil Presiden Grup Perlindungan K9 Global, Michael Larkin, pihak yang mengelola anjing tersebut.

"Mereka adalah hewan yang hidup dan bernapas, yang memiliki indra penciuman luar biasa, yang digunakan di seluruh dunia dalam berbagai lingkungan,"Michael menambahkan.

 

 

3 dari 4 halaman

Anjing Dilatih untuk Mengendus Virus Corona

Larkin juga menjelaskan bagaimana anjing-anjing tersebut dilatih untuk menemukan Virus Corona

"Anjing tidak akan pergi 'Oke, malam ini saya menemukan COVID-19'. Mereka sedang bermain-main, mereka telah dilatih untuk menemukan bau ini, dan ketika mereka menemukannya, mereka mendapat hadiah," katanya.

Meski begitu anjing-anjing tersebut hanyalah perlindungan ekstra terhadap penyebaran Virus Corona di laga Heat. Penggemar tetap harus menjaga jarak sosial dan menggunakan masker.

Jumlah penggemar yang masuk pun dibatasi, yakni hanya 2.000 orang atau sekitar 10 persen dari kapasitas tempat tersebut.

Miami Heat adalah tim NBA pertama yang mencoba metode penggunaan anjing seperti ini. Penggunaan anjing untuk mendeteksi orang-orang yang kena COVID-19 sebelumnya, telah diuji coba di bandara di Santiago, Dubai, dan Helsinki.

Namun, metode ini belum sepenuhnya terbukti efektif.

"Saya pikir ini sangat baru, sehingga kami belum menentukan seberapa efektif dan seberapa dapat diandalkannya gigi taring (anjing) dalam mendeteksi hal-hal semacam ini," kata Douglas Kratt, Presiden American Veterinary Medical Association kepada CNN.

Penulis: Rizki Febianto

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓