Kemenkes Sediakan Aplikasi Real Time Cek Ketersediaan Tempat Tidur COVID-19 di RS

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 27 Jan 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 15:00 WIB
FOTO: Mengintip Penanganan Pasien COVID-19 di Bogor
Perbesar
Petugas medis memeriksa pasien COVID-19 di rumah sakit umum di Bogor, Jawa Barat, Senin (25/1/2021). Melansir data dari hasil monitoring Dinas Kesehatan Kota Bogor, pada Jumat (22/1/2021), ada 114 kasus baru COVID-19 sehingga jumlah keseluruhan menjadi 7.269 kasus. (ADEK BERRY/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan menyediakan aplikasi real time untuk mengecek ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit di seluruh Indonesia. Aplikasi yang bernama Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (SIRANAP) ini dapat diakses melalui situs resmi Kemenkes maupun diunduh lewat PlayStore.

Masyarakat pun dapat mengetahui secara lengkap ketersediaan tempat tidur COVID-19 di rumah sakit di wilayahnya masing-masing. SIRANAP mempermudah masyarakat mengakses tempat tidur COVID-19.

Melalui informasi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, ditulis Rabu, 27 Januari 2021, SIRANAP adalah aplikasi yang menyajikan informasi tentang Ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit secara real time (waktu nyata).

Informasi SIRANAP pun baru diunggah Kemenkes pada Selasa, 26 Januari 2021. Adapun tujuan SIRANAP sebagai berikut:

1. Mempermudah akses informasi ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit kepada Masyarakat atau pihak yang membutuhkan

2. Minimalisasi terjadinya kasus pasien ditolak karena Tempat Tidur Penuh

3. Menunjang Pelayanan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)

4. Menunjang Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE)

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Situs Resmi SIRANAP untuk Cek Tempat Tidur COVID-19

FOTO: Mengintip Penanganan Pasien COVID-19 di Bogor
Perbesar
Petugas medis yang bekerja untuk pasien COVID-19 mengumpulkan informasi di rumah sakit umum di Bogor, Jawa Barat, Senin (25/1/2021). Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengungkapkan, sampai saat ini, klaster keluarga masih menjadi penyumbang terbanyak kasus COVID-19 di Kota Bogor. (ADEK BERRY/AFP)

Penelusuran pada situs resmi SIRANAP dapat diakses pada laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap terpampang sejumlah menu, di antaranya daftar nama rumah sakit vertikal, rumah sakit daerah, dan rumah sakit lainnya.

Terdapat kolom pencarian (search) sehingga masyarakat dapat mengetik rumah sakit mana yang ingin dituju untuk mendapatkan informasi ketersediaan tempat tidur COVID-19.

Ketika mengklik nama rumah sakit, akan muncul tabel data berisi jumlah ruang perawatan COVID-19, baik yang sudah terisi maupun kosong. Ruang perawatan yang dimaksud, dari ICU, NICU, dan intermediate.

Pada daftar 'Rumah sakit lainnya' berisi nama rumah sakit swasta yang menangani pasien COVID-19. Ketersediaan tempat tidur untuk kelas perawatan COVID-19 juga terpampang jelas.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan
Perbesar
Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓