Sukses

Kemenkes Sediakan Aplikasi Real Time Cek Ketersediaan Tempat Tidur COVID-19 di RS

Kemenkes sediakan aplikasi real time untuk mengecek ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di RS.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan menyediakan aplikasi real time untuk mengecek ketersediaan tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit di seluruh Indonesia. Aplikasi yang bernama Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (SIRANAP) ini dapat diakses melalui situs resmi Kemenkes maupun diunduh lewat PlayStore.

Masyarakat pun dapat mengetahui secara lengkap ketersediaan tempat tidur COVID-19 di rumah sakit di wilayahnya masing-masing. SIRANAP mempermudah masyarakat mengakses tempat tidur COVID-19.

Melalui informasi Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, ditulis Rabu, 27 Januari 2021, SIRANAP adalah aplikasi yang menyajikan informasi tentang Ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit secara real time (waktu nyata).

Informasi SIRANAP pun baru diunggah Kemenkes pada Selasa, 26 Januari 2021. Adapun tujuan SIRANAP sebagai berikut:

1. Mempermudah akses informasi ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit kepada Masyarakat atau pihak yang membutuhkan

2. Minimalisasi terjadinya kasus pasien ditolak karena Tempat Tidur Penuh

3. Menunjang Pelayanan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT)

4. Menunjang Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE)

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Situs Resmi SIRANAP untuk Cek Tempat Tidur COVID-19

Penelusuran pada situs resmi SIRANAP dapat diakses pada laman http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap terpampang sejumlah menu, di antaranya daftar nama rumah sakit vertikal, rumah sakit daerah, dan rumah sakit lainnya.

Terdapat kolom pencarian (search) sehingga masyarakat dapat mengetik rumah sakit mana yang ingin dituju untuk mendapatkan informasi ketersediaan tempat tidur COVID-19.

Ketika mengklik nama rumah sakit, akan muncul tabel data berisi jumlah ruang perawatan COVID-19, baik yang sudah terisi maupun kosong. Ruang perawatan yang dimaksud, dari ICU, NICU, dan intermediate.

Pada daftar 'Rumah sakit lainnya' berisi nama rumah sakit swasta yang menangani pasien COVID-19. Ketersediaan tempat tidur untuk kelas perawatan COVID-19 juga terpampang jelas.

3 dari 3 halaman

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak Pekan Depan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.