Sukses

Sah, Jokowi Terima Suntik Vaksin COVID-19 Sinovac Dosis Kedua Pagi Ini

Mengenakan jaket merah, Presiden Joko Widodo menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua di halaman Istana Merdeka, pagi ini, Rabu, 27 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenakan jaket merah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua di halaman Istana Merdeka, pagi ini, Rabu, 27 Januari 2021.

Setelah menjalani skrining kesehatan seperti tekanan darah dan suhu tubuh, sekitar pukul 08.30 WIB, Jokowi pun disuntik vaksin COVID-19 dosis kedua di lengan kiri.

Sebelumnya, Jokowi telah menerima vaksinasi dosis pertama pada 13 Januari lalu. Suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama itu bertujuan mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh.

"Jadi dosis pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal. Lalu kemudian dilakukan suntikan kedua setelah 14 hari kemudian," tutur Juru Bicara Satgas COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro, Rabu, 27 Januari 2021.

Suntikan dosis kedua vaksin COVID-19 ini bertujuan menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Dua dosis suntikan vaksin COVID-19 akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa mendatang.

Pada vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini, Profesor Abdul Muthalib kembali dipercaya untuk menyuntikkan vaksin pada Jokowi.

Simak Juga Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.