Sukses

Kasus COVID-19 Tembus Sejuta, Menkes: Ini Momen untuk Berduka dan Bekerja Sangat Keras

Menkes Budi Gunadi mengatakan bahwa tembusnya angka satu juta kasus COVID-19 di Indonesia harus menjadi pengingat bagi semua pihak akan dua hal

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin menanggapi tembusnya satu juta kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia pada hari ini.

Dalam konferensi persnya dari Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (26/1/2021), Budi mengatakan bahwa sejuta kasus infeksi virus corona di Indonesia harus direnungi dan dimaknai sebagai dua hal oleh semua pihak.

"Momen yang pertama adalah ini saatnya kita untuk berduka. Karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat, ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi ini," kata Budi.

"Dan mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat kita juga sudah meninggalkan kita," Budi melanjutkan.

Selain itu, Budi mengatakan bahwa momen kedua adalah saatnya menyadari bahwa semua pihak harus sadar untuk terus bekerja sangat keras, sehingga pengorbanan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan tidak sia-sia.

"Angka satu juta ini, memberikan satu indikasi, bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi ini dengan lebih keras lagi," kata Budi Gunadi.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Laju Penularan Virus Corona

Budi menegaskan bahwa untuk mengurangi laju penularan virus corona, masyarakat bersama semua pihak diminta untuk bekerja sangat keras untuk tetap disiplin dalam melakukan protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh pemerintah, tanpa bersama-sama rakyat, seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini," ujarnya.

"Kita harus memastikan, kita harus bekerja keras, mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman kita, mengingatkan keluarga kita dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita, agar kita disiplin protokol kesehatan."

Selain disiplin protokol kesehatan, Budi mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan bertanggung jawab untuk melakukan testing, tracing, dan juga isolasi.

"Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras, untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi bisa kita lakukan dan eksekusi dengan baik."

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.