Sukses

Gubernur Ridwan Kamil Sebut Mayoritas Warga Jabar Patuh Protokol Kesehatan

Ridwan Kamil menyebutkan ada beberapa hal yang membuat dia mengatakan bahwa mayoritas warga Jawa Barat (Jabar) patuh protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Ridwan Kamil mengklaim bahwa mayoritas warga Jawa Barat telah mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah diberlakukan. Berdasarkan persentase yang dimiliki, sebesar 80 persen masyarakat mematuhi penggunaan masker dan menjaga jarak.

Menurut Ridwan Kamil, hasil itu merupakan survei terhadap 80 persen masyarakat yang ada di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat oleh pemerintah pusat.

“Wilayah yang paling patuh memakai masker, 91 persen adalah Kota Bandung. Yang paling tidak patuh memakai masker Kabupaten Pangandaran hanya 65 persen. Yang paling patuh menjaga jarak sekarang ada di Kabupaten Bandung 81 persen. Dan yang tidak paling patuh menjaga jarak adalah Kota Tasikmalaya di 63 persen,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan daring dari Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, Senin, 25 Januari 2021.

Ridwan Kamil mengaku survei tersebut melibatkan petugas kepolisian, tentara, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) serta petugas lain yang melaporkan melalui aplikasi yang telah tersedia. 

 

Ridwan Kamil menjelaskan survei kepatuhan prokes itu berupa aplikasi yang digagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. 

“Aplikasi pelaporan itu dilaporkan kalau TNI oleh Babinsa, kalau Polri oleh Babinkamtibmas, kalau sipil oleh Satpol PP. Mereka mendatangi sejumlah ruang publik seperti jalan, pasar, taman kemudian menghitung titik - titik sampel itu secara digital harus dilengkapi dengan foto,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan hasilnya diakumulasikan selama sepekan sehingga keluar persentase. Sehingga apabila terdapat kepala daerah yang masih mempertanyakan proses survei, Ridwan Kamil menyebutkan maka dapat ditinjau kembali runutannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini