Gubernur Ridwan Kamil Sebut Mayoritas Warga Jabar Patuh Protokol Kesehatan

Oleh Arie Nugraha pada 26 Jan 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2021, 10:00 WIB
Ridwan Kamil
Perbesar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Tes Covid-19. (Humas Jabar)

Liputan6.com, Bandung Gubernur Ridwan Kamil mengklaim bahwa mayoritas warga Jawa Barat telah mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah diberlakukan. Berdasarkan persentase yang dimiliki, sebesar 80 persen masyarakat mematuhi penggunaan masker dan menjaga jarak.

Menurut Ridwan Kamil, hasil itu merupakan survei terhadap 80 persen masyarakat yang ada di 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat oleh pemerintah pusat.

“Wilayah yang paling patuh memakai masker, 91 persen adalah Kota Bandung. Yang paling tidak patuh memakai masker Kabupaten Pangandaran hanya 65 persen. Yang paling patuh menjaga jarak sekarang ada di Kabupaten Bandung 81 persen. Dan yang tidak paling patuh menjaga jarak adalah Kota Tasikmalaya di 63 persen,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan daring dari Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, Senin, 25 Januari 2021.

Ridwan Kamil mengaku survei tersebut melibatkan petugas kepolisian, tentara, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) serta petugas lain yang melaporkan melalui aplikasi yang telah tersedia. 

 

Gunung Putri Lembang
Perbesar
Sejumlah pengunjung memakai masker di kawasan wisata alam Gunung Putri Lembang di Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (20/8/2020). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Ridwan Kamil menjelaskan survei kepatuhan prokes itu berupa aplikasi yang digagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. 

“Aplikasi pelaporan itu dilaporkan kalau TNI oleh Babinsa, kalau Polri oleh Babinkamtibmas, kalau sipil oleh Satpol PP. Mereka mendatangi sejumlah ruang publik seperti jalan, pasar, taman kemudian menghitung titik - titik sampel itu secara digital harus dilengkapi dengan foto,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan hasilnya diakumulasikan selama sepekan sehingga keluar persentase. Sehingga apabila terdapat kepala daerah yang masih mempertanyakan proses survei, Ridwan Kamil menyebutkan maka dapat ditinjau kembali runutannya. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman