Sukses

Pasien COVID-19 Melonjak 20 Persen, RSD Wisma Atlet Tambah 400 Perawat

Pasien COVID-19 melonjak 20 persen, RSD Wisma Atlet menambah 400 perawat.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghadapi pasien COVID-19 yang melonjak 20 persen, RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta menambah 400 perawat. Penambahan perawat pun sudah direncanakan sejak kemarin, 17 Januari 2021.

"Jadi, kemarin kami sudah rencanakan sampai ada penambahan 400 perawat ya," kata Koordinator RSD Wisma Atlet Tugas Ratmono di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Senin, 18 Januari 2021.

"Saat ini, hampir beberapa hari sekali kami tambahkan perawat. Yang datang per hari bisa 80-100 perawat. Hari ini, kalau tidak salah yang datang 80 perawat."

Selain perawat, dokter juga ditambah. Ada juga penambahan tenaga non medis, seperti tenaga laboratorium, tenaga farmasi, dan petugas bagian limbah.

"Termasuk juga penambahan tenaga laboratorium dan tenaga farmasi yang kami tambahkan. Kemudian juga penambahan (petugas) untuk bagian limbah. Karena otomatis penambahan jumlah pasien akan memberikan dampak limbah yang cukup besar," terang Tugas.

"Selanjutnya, sarana prasarana juga kami akan tambahkan lagi tenaga (petugasnya), sehingga ini akan terstruktur memberikan pelayanan yang baik di RSD Wisma Atlet.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada 4.959 Pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet

Perkembangan terkini di RSD Wisma Atlet, tingkat hunian mencapai 82,73 persen dengan pasien yang dirawat 4.959 orang.

"Jadi, dari tempat tidur (bed) yang kami siapkan siapkan 5.994 bed, tinggal 1.035 bed yang ada. Dan mereka terdiri dari (pasien COVID-19) yang bergejala ringan juga sedang," Tugas menambahkan.

"Bahkan ada bergejala berat yang tentunya ini kami persiapkan untuk dirujuk ke RS Rujukan COVID-19 di DKI Jakarta."

Walaupun, Tugas mengakui saat ini memang tidak mudah merujuk pasien berat ke RS Rujukan COVID-19 di DKI.

"Karena justru mulai banyak yang (pasien COVID-19) bergejala berat, jadi rawat di sana (RSD Wisma Atlet). Dan kami sudah siapkan ICU transisi 20 bed, HCU 27 bed, Intermediate Care Unit 94 bed dan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sendiri," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.