Sukses

Vaksinasi COVID-19, Upaya Indonesia Proteksi Diri agar Virus Corona Pergi

Vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu upaya Indonesia mengatasi pandemi virus Corona yang telah berlangsung nyaris setahun.

Liputan6.com, Jakarta - Program vaksinasi COVID-19 telah dimulai sejak sepuluh hari lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021. Vaksinasi nasional sebagai salah satu upaya mengatasi pandemi virus Corona ini ditandai dengan penyuntikan vaksin Sinovac pada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

 

Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia sekaligus kepala negara pertama yang disuntik vaksin COVID-19 Sinovac di dunia. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan vaksin COVID-19 yang telah diupayakan Pemerintah. 

Bersama Jokowi, sejumlah pejabat dan tokoh juga turut divaksinasi pada hari yang sama, diantaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua PB IDI Daeng M Faqih, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito, Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dan dr Reisa Broto Asmoro. Perwakilan dari kelompok masyarakat juga ikut dalam vaksinasi di Istana Merdeka, salah satunya Raffi Ahmad yang mewakili anak muda.

Pada hari kedua vaksinasi yang jatuh pada 14 Januari 2021, giliran Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dan sejumlah pejabat daerah serta tenaga kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia yang disuntik vaksin COVID-19.

Pada hari itu, Wamenkes Dante Saksono menjalani vaksinasi di RS Cipto Mangunkusumo, Cikini, Jakarta, diikuti dengan tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit tersebut. Sementara pada waktu yang lebih dini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mendapat suntik vaksin di RSUD Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah.

Selain Wamenkes Dante Saksono dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pada hari yang sama, sejumlah pejabat daerah serta figur publik juga ikut divaksinasi. 

Di Jawa Barat, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul dan Kapolda Jabar Ahmad Dofiri disuntik vaksin COVID-19 di RS Hasan Sadikin, Bandung.

Wagub Uu sempat tertunda mendapat vaksinasi karena tensi darahnya tinggi. Namun, setelah beristirahat beberapa saat, Uu pun berhasil mendapat suntikan vaksin COVID-19 Sinovac.

Sementara di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, penyanyi Ariel Noah dan penulis sekaligus penyanyi Risa Saraswati juga turut menjalani vaksinasi COVID-19. Ariel mengatakan, ia ingin menjadi salah satu yang turut serta mengawali program vaksinasi. 

“Kenapa saya berani maju? Karena saya tidak mau nunggu-nunggu," katanya. "Kalau semua nunggu, kapan mulainya," imbuh Ariel. 

Diketahui, sejumlah tenaga kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia pun turut mendapat vaksinasi COVID-19 pada 14 Januari 2021. Salah satunya, Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT, yang disuntik vaksin bersama para nakes di RSUD Cengkareng. 

Vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia menyasar para tenaga kesehatan dan dilakukan secara bertahap. Sejauh ini, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi, MPH mengatakan jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksinasi COVID-19 mencapai 132 ribu orang.

"Jumlah tenaga kesehatan di 13.525 fasilitas layanan kesehatan yang ada di 92 kabupaten/kota di 34 provinsi sudah mencapai lebih dari 132.000 orang atau 22 persen dari total 598.483 tenaga kesehatan," katanya pada konferensi pers di Istana Negara, Jumat (22/1/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini