Vaksinasi COVID-19, Upaya Indonesia Proteksi Diri agar Virus Corona Pergi

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 23 Jan 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 23 Jan 2021, 15:00 WIB
Distribusi Vaksin Corona Sinovac di Puskesmas Cilincing
Perbesar
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech Ltd. di Puskesmas Cilincing, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Pemprov DKI akan menggelar vaksinasi di 453 fasilitas kesehatan DKI Jakarta dengan jumlah dosis vaksin yang sudah diterima sebanyak 39.200 vaksin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Program vaksinasi COVID-19 telah dimulai sejak sepuluh hari lalu, tepatnya pada 13 Januari 2021. Vaksinasi nasional sebagai salah satu upaya mengatasi pandemi virus Corona ini ditandai dengan penyuntikan vaksin Sinovac pada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

 

FOTO: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19 Pertama di Indonesia
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjalani vaksinasi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Jokowi menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19 dalam program vaksinasi massal secara gratis di Indonesia. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia sekaligus kepala negara pertama yang disuntik vaksin COVID-19 Sinovac di dunia. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan vaksin COVID-19 yang telah diupayakan Pemerintah. 

Raffi Ahmad terima vaksin. (tangkapan layar YouTube/ Sekretariat Presiden)
Perbesar
Raffi Ahmad terima vaksin. (tangkapan layar YouTube/ Sekretariat Presiden)

Bersama Jokowi, sejumlah pejabat dan tokoh juga turut divaksinasi pada hari yang sama, diantaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua PB IDI Daeng M Faqih, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito, Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dan dr Reisa Broto Asmoro. Perwakilan dari kelompok masyarakat juga ikut dalam vaksinasi di Istana Merdeka, salah satunya Raffi Ahmad yang mewakili anak muda.

FOTO: Wakil Menteri Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19 di RSCM
Perbesar
Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 sebelum menyuntikkannya kepada Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di RSCM, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, tahap awal program vaksinasi akan menyasar tenaga kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada hari kedua vaksinasi yang jatuh pada 14 Januari 2021, giliran Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dan sejumlah pejabat daerah serta tenaga kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia yang disuntik vaksin COVID-19.

FOTO: Wakil Menteri Kesehatan Jalani Vaksinasi COVID-19 di RSCM
Perbesar
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjalani vaksinasi virus corona COVID-19 di RSCM, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, tahap awal program vaksinasi COVID-19 akan menyasar tenaga kesehatan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada hari itu, Wamenkes Dante Saksono menjalani vaksinasi di RS Cipto Mangunkusumo, Cikini, Jakarta, diikuti dengan tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit tersebut. Sementara pada waktu yang lebih dini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mendapat suntik vaksin di RSUD Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah.

6 Potret Ganjar Pranowo Disuntik Vaksin COVID-19, Pertama di Jawa Tengah
Perbesar
6 Potret Ganjar Pranowo Disuntik Vaksin COVID-19, Pertama di Jawa Tengah (sumber: YouTube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah/Ganjar Pranowo)

Selain Wamenkes Dante Saksono dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, pada hari yang sama, sejumlah pejabat daerah serta figur publik juga ikut divaksinasi. 

Kapolda Jabar Ahmad Dofiri Vaksinasi
Perbesar
Kapolda Jabar Ahmad Dofiri saat disuntik vaksin Covid-19 Sinovac impor oleh tim dokter RS Hasan Sadikin Bandung, Kamis, 14 Januari 2021. ( Humas RSHS)

Di Jawa Barat, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul dan Kapolda Jabar Ahmad Dofiri disuntik vaksin COVID-19 di RS Hasan Sadikin, Bandung.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Vaksinasi
Perbesar
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat diperiksa tekanan darah oleh tim dokter RS Hasan Sadikin Bandung, sebelum disuntik vaksin Covid-19 Sinovac impor, Bandung, Kamis, 14 Januari 2021. ( Humas RSHS)

Wagub Uu sempat tertunda mendapat vaksinasi karena tensi darahnya tinggi. Namun, setelah beristirahat beberapa saat, Uu pun berhasil mendapat suntikan vaksin COVID-19 Sinovac.

Ariel Noah
Perbesar
Ariel Noah menjalani vaksinasi COVID-19 di RSKIA Bandung, 14 Januari 2021. (Foto: Liputan6.com/Dikdik Ripaldi)

Sementara di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, penyanyi Ariel Noah dan penulis sekaligus penyanyi Risa Saraswati juga turut menjalani vaksinasi COVID-19. Ariel mengatakan, ia ingin menjadi salah satu yang turut serta mengawali program vaksinasi. 

“Kenapa saya berani maju? Karena saya tidak mau nunggu-nunggu," katanya. "Kalau semua nunggu, kapan mulainya," imbuh Ariel. 

Ketua IDI Terpilih Vaksinasi COVID-19 Bersama Nakes RSUD Cengkareng
Perbesar
Ketua terpilih PB IDI & Ketua TIM Mitigasi IDI saat menjalani vaksinasi COVID-19 di RSUD Cengkareng, Jakarta, Kamis (14/01/2021). RSUD Cengkareng melakukan vaksinasi Covid-19 untuk para tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bertugas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diketahui, sejumlah tenaga kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia pun turut mendapat vaksinasi COVID-19 pada 14 Januari 2021. Salah satunya, Ketua Tim Mitigasi PB IDI dr Adib Khumaidi, SpOT, yang disuntik vaksin bersama para nakes di RSUD Cengkareng. 

Ribuan Tenaga Kesehatan Jalani Vaksinasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran
Perbesar
Petugas medis akan menyuntikkan vaksin Coronavac kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Sebanyak 2.630 tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet divaksinasi Covid-19 secara bertahap. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Vaksinasi COVID-19 perdana di Indonesia menyasar para tenaga kesehatan dan dilakukan secara bertahap. Sejauh ini, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi, MPH mengatakan jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksinasi COVID-19 mencapai 132 ribu orang.

"Jumlah tenaga kesehatan di 13.525 fasilitas layanan kesehatan yang ada di 92 kabupaten/kota di 34 provinsi sudah mencapai lebih dari 132.000 orang atau 22 persen dari total 598.483 tenaga kesehatan," katanya pada konferensi pers di Istana Negara, Jumat (22/1/2021).

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya