Sukses

Alat Kesehatan dan Vaksin COVID-19 Tercukupi hingga Daerah Terpencil

Alat kesehatan dan vaksin COVID-19 tercukupi hingga ke daerah terpencil.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memastikan alat kesehatan dan vaksin COVID-19 tercukupi hingga ke daerah terpencil. Ketersediaan alat kesehatan, seperti masker juga jarum suntik untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dipastikan tersedia.

Khusus vaksin COVID-19, jaringan rantai dingin (cold chain), baik proses pendistribusian sampai titik vaksinasi di fasilitas kesehatan maupun penyimpanan. Ini bertujuan menjaga kualitas vaksin COVID-19.

Dalam sesi International Media Briefing, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, proses pendistribusian alat kesehatan dan vaksin COVID-19 ke seluruh Indonesia turut dibantu TNI dan Polri serta pemerintah daerah.

"Soal pendistribusian alat kesehatan dan dukungan pelaksanaan vaksinasi, ini memang jadi salah satu daya tarik media asing karena melihat kondisi geografis Indonesia," kata Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

"Untuk mendistribusikan sampai ke daerah terpencil, misalnya, kami juga mengandalkan TNI dan Polri demi memastikan, bahwa alat kesehatan dan vaksin COVID-19 akan tiba tepat pada waktunya."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaringan Cold Chain Vaksin COVID-19

Dari segi pengadaan alat kesehatan, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan industri produsen alat kesehatan. Untuk vaksin COVID-19, jaringan rantai dingin menggunakan mekanisme secara rural.

Proses distribusi yang dimaksud sesuai prosedur yang ditetapkan, yakni distribusi dari pusat ke provinsi, dari provinsi ke kabupaten/kota, dari kabupaten/kota ke puskesmas dan fasilitas kesehatan lain.

Pelaksanaan distribusi vaksin pun berjalan baik, yang vaksinasi di Indonesia sudah rutin dilakukan. Terlebih lagi Indonesia punya pengalaman menghadapi pandemi lain, seperti wabah flu burung dan flu babi.

"Indonesia sudah akrab dengan pandemi dan vaksinasi sejak lama. Vaksinasi di Indonesia menjadi bagian rutin. Oleh karena itu, jaringan cold chain kami di Indonesia tidak hanya di perkotaan, melainkan menyasar sampai ke pedesaan," terang Wiku.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.