Sukses

Kota Bekasi dan 5 Wilayah Lain di Jabar Masuk Zona Merah COVID-19

Enam daerah di Jawa Barat masuk dalam kategori zona risiko tinggi (zona merah) paparan COVID-19.

Liputan6.com, Bandung Enam daerah di Jawa Barat (Jabar) masuk dalam kategori zona risiko tinggi (zona merah) COVID-19. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Kabupaten Karawang dan Depok, selama lima pekan terakhir secara berturut - turut masuk dalam kategori zona merah. Untuk itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, khusus Kabupaten Karawang telah dikirimkan tim satuan tugas penanggulangan COVID-19 provinsi ke daerah tersebut.

“Zona risiko di Jabar bertambah ada enam yang masuk zona merah. Dan dengan berat hati saya sampaikan Karawang masih dalam zona merah. Jadi ini sudah lima minggu berturut-turut, kita sudah menurunkan tim ke sana mudah-mudahan secepatnya pulih,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan daring dari Mapolda Jawa Barat, Bandung, Senin, 11 Januari 2021.

Pada pekan ini kapasitas perawatan di rumah sakit sudah mulai membaik atau tidak ada peningkatan pasien COVID-19 yang dirawat.

Hal ini dipicu salah satunya sebut Ridwan Kamil, banyaknya dukungan dari berbagai pihak khususnya dari tentara dan polisi. Dalam waktu dekat ini ucap Ridwan Kamil, fasilitas penanganan pasien COVID-19 yang sudah siap digunakan adalah gedung di sekolah calon perwira (Secapa) TNI AD di Hegarmanah Bandung.

“Untuk dijadikan fasilitas perawatan, bagi mereka yang positif COVID-19 tapi gejala ringan. Sehingga bisa mengurangi beban rumah sakit yang memang harus kita terus kurangi secara proporsional,” kata Ridwan Kamil.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ribuan Orang dirawat di RS Rujukan COVID-19

Berdasarkan data per 9 Januari 2021 dari Dinas Kesehatan Jawa Barat, jumlah pasien yang dirawat di 10 rumah sakit dari 160 rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok serta Kabupaten dan Kota Bekasi sebanyak 1.204 orang. Tiga rumah sakit sudah penuh keterisiannya yaitu RS Ananda Babelan Bekasi, RS Hermina Bekasi dan RSUD dr. Chasbullah Abdul Madjid.

Sedangkan jumlah pasien yang dirawat di 10 rumah sakit dari 53 rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di kawasan Bandung Raya mencapai 919 orang. Tiga rumah sakit sudah penuh keterisiannya yaitu RSU Immanuel Bandung, RSU Bhayangkara Tk. II Sartika Asih dan RSKIA Kota Bandung.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.