Sukses

Dokter Jiwa: Hanya Pakai Face Shield Adalah Bentuk Kebodohan yang Terus Dipertontonkan

Hanya face shield tanpa pakai masker tidak akan mempan mencegah penularan Virus Corona penyebab COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Andri SpKJ atau yang dikenal dengan sapaan @mbahndi, menyampaikan pendapatnya mengenai tokoh masyarakat (public figure) yang hanya mengenakan face shield tanpa pakai masker saat tampil di televisi.

Menurut dokter yang sehari-hari berpraktik di Omni Hospital Alam Sutera, penggunaan face shield tapi tidak pakai masker di tengah situasi pandemi COVID-19 merupakan bentuk kebodohan yang terus dipertontonkan.

"Masker adalah utama untuk mencegah penyebaran Virus Corona dan melindungi kita dan orang lain dari COVID-19," kata Andri saat berbincang dengan Health Liputan6.com pada Senin, 11 Januari 2021. "Coba saja bayangkan pakai face shield saja tanpa masker," Andri melanjutkan.

Pernyataan Andri mengenai sederet artis yang tak malu pamer face shield saat tampil di layar televisi juga diunggahnya ke Twitter pribadinya, @mbahndi, pada Sabtu, 9 Januari 2021.

 

Beragam respons diterimanya, salah satunya dari akun @okandrsyh yang menulis,"penggunaan masker saat sedang makan di restoran adalah bentuk kemustahilan yang terus disarankan.".

Ada pula warganet yang merespons kicauan Andri dengan menggunggah tangkapan layar dari sebuah acara televisi yang memerlihatkan seorang dokter hanya pakai face shield tanpa masker.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Face Shield Tidak Ampuh Cegah Penularan COVID-19

Tak cuma Andri, melalui akun Twitter pribadinya, Ketua Satuan Tugas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Zubairi Djoerban, angkat suara mengenai fenomena artis pakai face shield tanpa masker.

“Karena face shield saja tak ada gunanya. Sungguh, sama sekali tak berguna mau dimodifikasi seperti apapun jika tanpa masker,” tulis Zubairi dikutip dari twitter @profesorzubairi, pada Senin (11/1/2021).

Zubairi juga mengimbau para pelaku hiburan untuk lebih menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 yang jumlah pasiennya terus meningkat.

 

3 dari 4 halaman

Dampak Penggunaan Face Shield Tanpa Masker di Tengah Pandemi COVID-19

Jauh sebelum masyarakat dihebohkan dengan gaya selebritis yang terlihat nyaman hanya mengenakan face shield tanpa masker, Achmad Yurianto, yang kala itu menjabat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pernah menjelaskan dampak dari penggunaan face shield.

Hanya pakai face shield tanpa masker, kata Yuri, tidak akan memberikan perlindungan dari droplet Virus Corona.

Ini semata-mata karena Virus Corona bisa bertahan di udara dalam bentuk microdroplet yang mudah terhirup manusia yang tidak menggunakan masker.

"Lebih baik kalau memang bisa ditambah dengan face shield, tetapi kalau menggunakan face shield saja tanpa masker tidak akan memberikan perlindungan maksimal," kata Yuri.

 

4 dari 4 halaman

Efektivitas Face Shield

Superkomputer tercepat di dunia dari Jepang, Fugaku, menguji efektivitas face shield dengan sebuah simulasi. Hasilnya, hampir 100 persen droplet berukuran kurang dari lima mikrometer lolos melalui penutup wajah tersebut. Satu mikrometer setara dengan sepersejuta meter.

Face shield yang biasanya digunakan oleh pegawai di industri restoran juga tidak efektif untuk menahan droplet berukuran lebih besar, 50 mikrometer. Ternyata, sekitar setengahnya juga bisa lolos dari face shield.

Penelitian ini dilakukan oleh Riken, pusat peneliti yang didukung pemerintah di Kobe, Jepang. Adapun metode yang digunakan saat simulasi yaitu menggabungkan aliran udara dengan ribuan partikel berbagai ukuran.

Pemimpin penelitian di Riken, Makoto Tsubokura, mengatakan, masker tetap harus digunakan, bukan malah face shield yang lebih diutamakan.

"Berdasarkan hasil simulasi, sayangnya efektivitas face shield dalam mencegah penyebaran droplet dari mulut orang yang terinfeksi masih terbatas dibandingkan dengan masker," kata Makoto seperti dikutip dari situs Guardian.

Tsubokura mengatakan bahwa orang-orang yang tidak disarankan untuk memakai masker seperti anak di bawah umur 2 tahun, orang yang mengalami kesulitan bernapas, tidak sadarkan diri, tidak mampu melepaskan masker tanpa bantuan, dapat menggunakan face shield. 

Akan tetapi hanya jika mereka berada di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

Setelah melakukan simulasi lain dengan Fugaku, sebelumnya juga ditemukan bahwa masker wajah yang terbuat dari kain yang tidak ditenun lebih efektif dalam mencegah penyebaran Virus Corona penyebab COVID-19 daripada yang terbuat dari katun dan poliester.

Para peneliti di Duke University membuat temuan serupa beberapa bulan sebelumnya, dan menyimpulkan bahwa masker N95 paling efektif tetapi masker bedah tiga lapis dan masker kapas juga merupakan pelindung yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.