Sukses

10 Mitos Skincare Menurut Para Ahli

Untuk memisahkan antara fiksi dan fakta, para ahli merangkum 10 mitos paling umum yang telah dipercaya turun temurun dan sebaiknya Anda berhenti percaya pada mitos ini

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kecantikan dan skincare penuh dengan mitos dan legenda urban, dan bahkan lebih dari itu jika menyangkut perawatan kulit. Meskipun bukan berarti Anda tidak boleh mendengarkan nasihat perawatan kulit bijak yang dajarkan oleh ibu atau nenek Anda. Namun menurut para ahli, kebanyakan dari yang mereka percaya hanyalah mitos.

Jadi, untuk memisahkan antara fiksi dan fakta, para ahli merangkum 10 mitos paling umum mengenai perawatan kulit atau skincare yang telah dipercaya turun temurun dan sebaiknya Anda berhenti percaya pada mitos ini, dilansir dari Health.com.

1. Anda harus segera menghentikan penggunaan retinol jika mengiiritasi kulit

Retinol adalah superstar anti-penuaan yang tak terbantahkan, tetapi juga ada kemungkinan beberapa efek samping yang sangat menjengkelkan, termasuk kemerahan, kekeringan, dan pengelupasan. Tetapi jika Anda mengalami iritasi jenis ini, kuncinya bukanlah membuang retinol Anda sepenuhnya, melainkan mengubah bagaimana dan kapan Anda menggunakannya.

"Anda akan mengalami kulit kering dan iritasi, terutama saat Anda pertama kali mulai menggunakan retinol. Daripada menghentikan retinol sepenuhnya, Anda harus mengurangi frekuensi penggunaan menjadi dua malam sekali, atau bahkan setiap malam ketiga, lalu perlahan-lahan tingkatkan sesuai toleransi," kata seorang dokter kulit dan direktur pendiri Eternal Dermatology di Fulton, Maryland, Dr. Ife Rodney. Pastikan juga Anda tidak menggunakan lebih dari seukuran kacang polong untuk seluruh wajah Anda.

2. Krim mata paling baik disimpan di lemari es

Menurut ahli kimia botani, dan pendiri DMK Skincare, Danné Montague-King, "Suhu yang lebih dingin tidak memperpanjang masa simpan produk Anda. Tubuh Anda juga secara alami 98,6 derajat fahrenheit (37 derajat celcius) dan ketika Anda mengoleskan krim dingin ke kulit, tubuh Anda akan langsung menghangatkannya."

Memang benar bahwa suhu dingin membantu mengurangi pembengkakan. Jika itu tujuan Anda, Montague-King menyarankan menggunakan kompres dingin yang akan mempertahankan suhu yang sejuk bahkan ketika ditempatkan ke kulit hangat Anda. Sebuah alat, seperti roller giok, juga bisa digunakan.

3. Harga sebanding dengan apa yang Anda dapatkan

Kabar baiknya bagi semua pembeli produk skincare yang memiliki anggaran terbatas, yaitu sebagaimana menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr. Kavita Mariwalla, "Tidak semua produk perawatan kulit yang mahal bekerja lebih baik daripada produk perawatan kulit yang lebih murah. Ini semua tentang formulasi."

Ia memberikan contoh kasus vaseline yang diremehkan. Karena itu, bahan-bahan tertentu, seperti vitamin C , memang perlu diformulasikan dengan benar agar bekerja secara efektif, dan ini bisa menjadi sedikit mahal. Sementara menurut Dr. Mariwalla, kita seringkali membayar lebih mahal hal-hal seperti pelembap dan pembersih demi kemasan yang cantik atau nama merek yang mewah. Saran darinya, pelajari dan cari bahan aktif yang terbaik untuk rutinitas perawatan kulit Anda dan bacalah labelnya sebelum membeli. Itu pedoman yang lebih ampuh daripada label harga.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Anda tidak membutuhkan pelembab jika kulit Anda berminyak

Mungkin terlihat intuitif untuk melewatkan pelembab jika kulit Anda sudah terasa licin karena minyak berlebih, tetapi sebaiknya Anda melakukan sebaliknya. Kulit berminyak masih bisa mengalami dehidrasi.

Faktanya, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami, Stacy Chimento, mengatakan pelembap justru berkontribusi mengontrol produksi minyak berlebih sebagai cara untuk mengkompensasi dehidrasi yang berlebihan. Menggunakan pelembab secara teratur dapat membuat kulit Anda tidak terlalu berminyak karena akan membantu menyeimbangkan produksi minyak, tambah Dr. Rodney. Kuncinya adalah memilih formula bebas minyak ringan, seperti yang Meningkatkan Neutrogena Hydro Hyaluronic Acid Gel-Cream.

5. Ada produk topikal yang bekerja sebaik botox

Dokter kulit Kota New York, Dr. Hadley King, mengatakan topikal bekerja secara berbeda dari suntikan. "Produk topikal sangat penting untuk perlindungan matahari, antioksidan, pelembab, pengelupasan kulit, dan banyak lagi. Tetapi mereka tidak dapat mencapai hal-hal yang suntikan dapat lakukan." Neuromodulators, seperti Botox, mengganggu komunikasi antara saraf dan otot, dan tidak ada produk topikal dapat menembus cukup dalam untuk memiliki efek yang sama ini, jelasnya.

Demikian pula, filler menambah volume dengan cara yang juga tidak bisa dilakukan oleh topikal. Dengan demikian, menggunakan keduanya secara bersamaan adalah langkah yang baik, karena topikal dapat membantu mempertahankan efek yang Anda dapatkan dari suntikan, catat Dr. Mariwalla.

6. Semakin tinggi SPF pada sunscreen/sunblock Anda, semakin baik

Prinsip matematika dasar tidak berlaku untuk tabir surya. Penting untuk diingat, pertama, SPF hanya mengukur perlindungan produk terhadap sinar UVB, yang menyebabkan kulit terbakar, kata Dr. King. "Perbedaan perlindungan UVB antara SPF 100 dan SPF 50 adalah marjinal dan tidak menawarkan penyumbatan ganda. SPF 100 memblokir 99% sinar UVB, sedangkan SPF 50 memblokir 98%," jelasnya. Info tambahan, SPF 30 memblokir 96,7% sinar UVB. Oleh karena itu, mengapa rekomendasi umum adalah tetap menggunakan rumus spektrum luas, yang menghalangi sinar UVA dan UVB, dengan minimal SPF 30.

Itupun Anda perlu mengoleskan tabir surya dalam jumlah yang memadai, sesuatu yang kebanyakan orang tidak lakukan untuk mendapatkan tingkat perlindungan yang tepat. Jadi memang tidak salah memilih SPF yang lebih tinggi terutama jika Anda sering dan lama berada di bawah sinar matahari, hanya saja patokannya tidak hanya nomor SPF yang tercantum, melainkan juga cara pemakaiannya harus tepat.

7. Lingkaran hitam pertanda lelah

Menurut Montague-King, perubahan warna di sekitar mata terjadi ketika darah dan cairan tidak bersirkulasi secara efisien. Memang benar jika kurang tidur pasti bisa menyebabkan lingkaran hitam, tapi belum tentu lingkaran hitam tersebut hanya disebabkan kurang tidur. Bisa saja Anda kekurangan zat besi atau tidak mendapatkan cukup oksigen, tambahnya. Belum lagi, lingkaran hitam juga menjadi jauh lebih menonjol pada kulit yang lebih tipis, yang secara alami terjadi seiring bertambahnya usia. Krim mata topikal sulit untuk mengatasi lingkaran hitam, tetapi menggunakan formula yang mengandung kafein (dikenal dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan menyempitkan pembuluh darah) dapat membantu.

8. Pori-pori Anda bisa membuka dan menutup

Dr. Chimento menekankan bahwa "pori-pori tidak membuka atau menutup seperti daun jendela." Yang benar untuk terminologi ini yaitu pori-pori melebar atau meregang dapat terjadi karena usia, suhu, dan genetika, ditambah dengan tersumbatnya kotoran dan minyak. Ini juga membuat pori-pori tampak lebih besar dan menonjol, catatnya. Cara terbaik untuk meminimalkan tampilan pori-pori adalah pengelupasan secara teratur, dan ini sebaiknya menggunakan produk yang disetujui dokter.

9. Penuaan kulit karena genetik

"Tentu saja, genetika berperan, tetapi penuaan kulit adalah proses yang kompleks dan ditentukan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik," kata Dr. King. Namun selain genetika, Anda memiliki kendali lebih besar atas faktor ekstrinsik, yang meliputi hal-hal seperti kerusakan akibat sinar matahari, polusi , stres, dan merokok, jelasnya.

10. Anda hanya perlu memakai tabir surya saat musim panas/kemarau

Demi kesehatan kulit Anda, sebaiknya gunakan tabir surya selama 365 hari alias setiap hari tanpa terkecuali. Menurut Dr. Mariwalla karena sinar ultraviolet juga tidak berhenti maka Anda juga tidak berhenti memakainya. "Meskipun Anda mungkin tidak melihat matahari (langit mendung), ingatlah bahwa radiasi ultraviolet hadir di siang hari dan selalu memancar dari matahari, bahkan saat hari mendung. Dan sinar ultraviolet itulah yang menyebabkan penuaan dan kanker kulit," jelasnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, spektrum luas dengan SPF 30 harus menjadi kebutuhan pokok.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.