Disebut Pohon Ajaib, Kelor Punya Manfaat Tingkatkan Produksi ASI

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 09 Jan 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 09 Jan 2021, 10:00 WIB
Pohon Kelor
Perbesar
Daun kelor Image by dialloyaayaa Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Warga Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan tidak asing lagi dengan tanaman yang disebut kelor. Tanaman yang bahkan disebut pohon ajaib ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Penggunaan daun kelor sebagai ramuan obat tradisional juga sudah digunakan sejak dulu. Menurut  dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) daun kelor dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

“Ini sampai disebut miracle tree, pohon ajaib, atau superfood karena saking luarbiasa kandungannya,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV, ditulis Jumat (8/1/2021).

Selain dapat meningkatkan produksi ASI, kelor juga dapat meningkatkan nafsu makan dan aman dikonsumsi oleh anak sejak usia 3 tahun.

Daun kelor dapat dibuat menjadi teh, sayur, sebagai campuran kue, pewarna puding, bahkan dapat juga dibuat sebagai kudapan seperti rempeyek.

“Ini juga sedang digalakan untuk menanggulangi stunting, untuk ibu hamil, anak dengan gizi kurang, itu dipersilakan untuk konsumsi daun kelor.”

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Simak Video Berikut Ini:


Cara Membuat Ramuan Daun Kelor

Cara membuat ramuan daun kelor terbilang sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan pun hanya 3 cabang daun kelor muda dan 5 gelas air.

Langkah pertama membuat ramuan daun kelor adalah dengan memilih bahan segar dan cuci bahan dengan air mengalir hingga bersih.

Selanjutnya, didihkan air dalam panci stainless dan setelah mendidih kecilkan api. Gunting-gunting daun dan cabang kelor kemudian masukkan ke dalam air panas tersebut.

Daun dan cabang kelor dimasak di api kecil selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan hingga hangat.

Ramuan daun kelor dapat disaring dan siap dihidangkan. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 3 hingga 5 gelas sehari. Namun, lebih dianjurkan untuk meminumnya dua kali sehari sebanyak satu cangkir.

Sedang, untuk anak dapat meminumnya dua kali sehari sebanyak setengah cangkir.


Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari COVID-19

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya