Sukses

Registrasi Vaksinasi COVID-19 Dimulai Lewat Kiriman SMS, Bagaimana Kalau Tidak Punya Ponsel?

Registrasi vaksinasi COVID-19 dimulai lewat kiriman SMS, bagaimana kalau penerima vaksin tidak punya ponsel?

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, masyarakat penerima vaksin COVID-19 akan menerima pemberitahuan dari pemerintah berupa Short Messages Services (SMS). SMS itu terintegrasi dengan program Peduli Lindungi yang merupakan awal dari Pemerintah Indonesia untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Setelah notifikasi dikirimkan, penerima vaksin COVID-19 harus melakukan registrasi ulang dan verifikasi. Pada tahap ini, penerima vaksin dapat melengkapi status kesehatan, memilih tempat pelaksanaan serta jadwal vaksinasi.

Untuk registrasi ulang dilakukan melalui SMS 1199, UMB *119#, aplikasi Pedulilindungi, web pedulilindungi.id atau melalui Babinsa/Babinkamtibmas setempat.

Lantas bagaimana bila penerima vaksin COVID-19 tidak mempunyai ponsel? Jawaban dari pertanyaan tersebut termaktub pada Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/ 1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Sasaran penerima vaksin COVID-19 yang tidak memiliki ponsel akan dikompilasi datanya oleh pemerintah. Kemudian verifikasi akan dilakukan oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan Lurah, Kepala Dusun, Ketua RT/RW serta puskesmas setempat.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Verifikasi Penerima Vaksin COVID-19 oleh Petugas Faskes

Data penerima vaksin COVID-19 yang telah terverifikasi beserta penjadwalan vaksinasi masing-masing sasaran dapat diakses oleh petugas fasilitas pelayanan kesehatan melalui aplikasi Pcare Vaksinasi dengan mekanisme sebagai berikut:

1. Petugas pelaksana layanan vaksinasi COVID-19 mengakses aplikasi Pcare Vaksinasi melalui alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin/ menggunakan browser yang terdapat pada komputer/laptop/handphone yang terkoneksi internet. Kemduian log in menggunakan username dan password yang sudah didapatkan.

2. Detail penggunaan aplikasi Pcare Vaksinasi dapat dilihat pada User Manual Pcare Faskes dengan mengunduh pada tautan http://bit.ly/LampiranJuknisVC19.

Untuk memastikan tingginya Indeks Pemakaian (IP) vaksin, maka puskesmas dan fasilitas pelayanan Kesehatan lainnya dapat menghubungi sasaran sebelum hari pelayanan untuk memastikan kembali kedatangannya.

3 dari 3 halaman

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Covid-19 Pertengahan Januari 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.