Sukses

Miris, Pejabat Kesehatan Meksiko Tertangkap Kamera Bepergian Tanpa Memakai Masker

Pejabat pemerintah Meksiko yang bertanggung jawab atas upaya menangani pandemi COVID-19 telah terlihat di salah satu pantai Pasifik tengah duduk di restoran tepi laut tanpa memakai masker.

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat pemerintah Meksiko yang bertanggung jawab atas upaya menangani pandemi COVID-19 telah terlihat di salah satu pantai Pasifik tengah duduk di restoran tepi laut tanpa memakai masker.

Ia adalah Hugo López-Gatell, Asisten Sekretariat Kesehatan Meksiko. Gatell padahal kerap kali memberikan imbauan kepada warga Meksiko untuk tetap di rumah, dan tidak pergi keluar rumah untuk bepergian.

Foto-foto dirinya yang tengah bersantai tanpa masker di resor pantai Zipolite, di negara bagian Oaxaca selatan itu beredar luas di publik Meksiko, dan menimbulkan kemarahan banyak warganya.

Oaxaca selatan merupakan wilayah yang memiliki aturan wajib terkait penggunaan masker untuk menghindari penyebaran COVID-19.

Namun, juru bicara negara bagian Oaxaca Francisco Vallejo mengatakan, pelanggan di restoran diizinkan untuk melepas masker saat mereka makan, dan pantai di Oaxaca tidak ditutup, meski terdapat aturan untuk mengunjunginya.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Presiden Meksiko

Sementara itu, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador tidak terlalu menggubris apa yang dilakukan Gatell, dan menyebut bahwa Gatell adalah pegawai negeri yang baik.

"Untung ada pemeriksaan ini, tetapi pegawai negeri juga memiliki hak," ujar López Obrador sebagaimana dikutip dari laman APnews pada Senin (04/01/2020).

López Obrador juga mengatakan akan meminta Gatell untuk menjelaskan tindakannya secara langsung.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Johns Hopkins University, kasus COVID-19 saat ini di Meksiko telah mencapai angka 1,45 juta kasus pada 03 Januari lalu, dengan lebih dari 127.000 kematian.

(Rizki Febianto)

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.