Sukses

Video Bersalin Ini Viral di Penghujung 2020, Warganet: Lahiran Tersantuy

Proses bersalin paling santai terekam dalam sebuah video di Tiktok yang diunggah langsung oleh sang bidan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video proses bersalin tersebar di media sosial dan menjadi viral di penghujung 2020. Video tersebut diunggah oleh Novelita Damanik yang tak lain adalah bidan yang membantu persalinan.

Melalui akun Tiktok pribadinya, @bidannovel, dia mengunggah video berdurasi lebih kurang satu menit. Dalam video tersebut ada pasangan suami istri yang tak disebutkan namanya.

Hal istimewa dari video itu adalah ketika sang istri melewati proses bersalin dengan begitu santai dan lancar. Dia melakukan beberapa tiupan tanpa ada teriakan seperti ibu melahirkan pada umumnya.

“Momen-momen bayi keluar, sebentar lagi kita akan mendengar tangisan bayi, siap-siap ya. Tiup-tiup jangan angkat bokong ya biar enggak sobek,” ujar bidan yang diduga bidan Novel dalam video tersebut.

Selang beberapa detik, bidan memberitahukan bahwa kepala bayi sudah terlihat. Ia mengarahkan agar tetap tenang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan seperti sobek pada organ vital.

Tak lama kemudian, tangisan bayi pun terdengar dan membuat ibu itu tersenyum lebar. Sementara, suaminya tak kuasa menahan tangis bahagia.

Dalam video tersebut, Bidan Novel menuliskan “Lahir santuy (santai) tergantung bagaimana memengaruhi suasana.” dikutip dari Tiktok @bidannovel, Sabtu (2/1/2021).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Warganet

Hingga Sabtu (2/1/2020) video ini telah ditonton oleh 1,5 juta pengguna Tiktok dan mencatat 41,6 ribu komentar. Selain di Tiktok, video juga menyebar di Twitter dan Instagram.

Banyak warganet yang menyampaikan rasa kekagumannya pada sang ibu yang dapat melahirkan dengan santainya. Padahal, itu adalah kelahiran anak pertama.

Ikutan nangis, kereng banget ibunya! Sehat terus mommy daddy and debay (dede bayi),” tulis selebriti Tiktok @cacilbillyeonnie.

Gila keren banget ini cewek ya Allah merinding,” tulis selebriti Tiktok lainnya @gilangsamiadji.

Belum pernah ada kasus bantu persalinan pasiennya sebegini tenangnya keren banget ibunya,” tulis pengguna Tiktok @evakumalasr.

Lahiran tersantuy,” tulis warganet lainnya @andikaramadhan210.

Tim Health Liputan6.com sudah mengirimkan pesan langsung kepada Bidan Novel untuk penjelasan lebih lanjut. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum juga ada respons darinya. 

3 dari 3 halaman

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.