Sukses

Menkes Budi: Vaksinasi COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan Harus Bertahap dan Hati-hati

Menkes Budi mengungkapkan Jokowi berpesan vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan harus hati-hati.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan harus dilakukan secara hati-hati. Terlebih lagi tenaga kesehatan menjadi kelompok proritas paling pertama yang akan disuntik vaksin COVID-19.

"Bapak Presiden Jokowi menyampaikan kepada Saya secara pribadi. Pesannya, mohon tenaga atau petugas kesehatan nanti, vaksinasi dilakukan bertahap dengan sangat hati-hati," ucap Budi usai Rapat Menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Pesan Jokowi, lanjut Budi juga menekankan, pentingnya tenaga kesehatan yang divaksin COVID-19 dilakukan bersama di 34 provinsi.

"Beliau (Jokowi) juga titip, vaksinasi untuk tenaga kesehatan harus dilakukan berbarengan di seluruh Indonesia. Sesuai arahan, kita akan lakukan berbarengan di 34 provinsi," lanjutnya.

"Tenaga kesehatan, baik berlokasi di Aceh, Yogyakarta, bahkan di Papua, mereka adalah sama-sama garda terdepan yang paling penting dalam menghadapi pandemi COVID- 19."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1,3 Juta Tenaga Kesehatan Divaksin COVID-19

Sasaran tenaga kesehatan penerima vaksinasi COVID-19 sebanyak 1,3 juta orang di 34 provinsi. Dari data persebaran tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin COVID-19, ada 5 provinsi teratas dengan jumlah sasaran terbanyak.

Berikut ini, kelima provinsi yang dimaksud:

1. Jawa Tengah 177.754 tenaga kesehatan

2. Jawa Barat 161.143 tenaga kesehatan

3. Jawa Timur 131.997 tenaga kesehatan

4. DKI Jakarta 119.145 tenaga kesehatan

5. Sumatera Utara 83.905 tenaga kesehatan

"Kami sudah berdiskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), yang pertama kali vaksinasi COVID-19 adalah tenaga kesehatan. Di Indonesia ini, ada 1,3 juta tenaga kesehatan di 34 provinsi," kata Budi.

"Sekali lagi, tenaga kesehatan adalah garda terdepan ada orang-orang yang paling penting dimasa pandemi krisis COVID-19 ini. Apa yang kita lakukan pertama kali (vaksinasi untuk tenaga kesehatan) konsisten dengan yang dilakukan di Inggris, Amerika, dan semua negara. Bahwa tenaga kesehatan merupakan prioritas pertama yang akan divaksinasi."

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.