Kemenkes Ungkap 8 Provinsi dengan Kapasitas Tempat Tidur COVID-19 di Atas Rata-rata Nasional

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 29 Des 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Des 2020, 14:00 WIB
Banner Orang Sakit Corona
Perbesar
Banner Orang Sakit Corona (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI mencatat, ada 8 provinsi dengan kapasitas tempat tidur COVID-19 di atas rata-rata nasional. Kapasitas atau keterisian tempat tidur pasien COVID-19 di seluruh rumah sakit Indonesia rata-rata nasional sebesar 64,10 persen.

Saat temu media, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Abdul Kadir menyebut, walau rata-rata nasional mencapai 64,10 persen, 8 provinsi yang kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 berada di atas rata-rata.

"Kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 di Banten mencapai 85 persen, Jakarta 84 persen, Jawa Barat 83 persen, Yogyakarta 80 persen," ujar Kadir di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (28/12/2020).

"Kemudian Kalimantan Tengah 79 persen, Jawa Timur 77 persen, Jawa Tengah 76 persen, dan Sulawesi Selatan 69 persen. Dalam hal ini, kapasitas tempat tidur yang sudah berada di atas rata-rata nasional termasuk di dalam zona merah (kritis)."

Adanya peningkatan pasien COVID-19 dapat membuat kapasitas tempat tidur penuh, sehingga rumah sakit akan kewalahan. Kondisi ini juga menimbulkan dampak kelelahan pada tenaga kesehatan yang merawat pasien.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kepadatan Tempat Tidur COVID-19 RS di Jakarta Tidak Merata

Lindungi Pasien saat Berobat, Karyawan dan Tenaga Medis Jalani Tes Serologi Covid-19
Perbesar
Petugas medis menjalani Tes serologi COVID-19 di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (11/8/2020). Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab untuk tenaga medis guna memastikan bahwa rumah sakit tersebut aman bagi pasien saat berobat. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kadir merinci kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 di 98 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta. Ia menyoroti tingkat kepadatan (utilitas) tempat tidur tidak merata.

"Di Jakarta, kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 untuk ruang isolasi sebesar 85,16 persen dan ICU 79,30 persen," ujarnya.

"Meski begitu, ternyata tingkat kepadatan tempat tidur tidak merata. Ada beberapa rumah sakit, seperti milik TNI-Polri, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah daerah, dan swasta yang tempat tidur masih cukup."

Dengan tingkat kepadatan yang berbeda, pasien COVID-19 dapat ditampung di rumah sakit yang masih mencukupi kapasitas tempat tidur.

"Kami harapkan rumah sakit yang kurang atau rendah utilitasnya dapat menampung lemparan pasien COVID-19," imbuh Kadir.

Sebagai langkah antisipasi lonjakan pasien COVID-19, Kemenkes sudah meminta pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan rumah sakit di seluruh Indonesia untuk melakukan penambahan tempat tidur sebesar 30-40 persen dari kapasitas semula.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓