Selain Budi Gunadi Sadikin, Ini Menkes dari Negara Lain yang Bukan Dokter

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2020, 11:15 WIB
Diperbarui 23 Des 2020, 11:15 WIB
Gunadi Sadikin
Perbesar
Budi Gunadi Sadikin kini menjadi Menteri Kesehatan RI menggantikan Terawan Agus Putranto (Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19)

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam reshuffle kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Penetapan Budi menggantikan Terawan Agus Putranto dilakukan pada Rabu, 23 Desember 2020.

Budi Gunadi Sadikin merupakan Menteri Kesehatan pertama di Indonesia yang bukan berlatar belakang di bidang kesehatan. 

Pria lulusan Jurusan Fisika Nuklir ITB ini kariernya moncer di dunia perbankan. Ia sempat menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri juga bekerja di Bank Bali, ABN Amro Bank Indonesia, Bank Danamon.

Penunjukkan seseorang menjadi menteri kesehatan tanpa memiliki latar belakang dokter maupun bidang kesehatan bukan pertama kali di dunia. Beberapa menkes di berbagai negara juga tidak memiliki latar belakang di bidang kesehatan. Berikut diantaranya:

1. Gan Kim Young - Singapura

Gan Kim Young menjabat sebagai Menkes Singapura sejak 2011. Gan diketahui pernah menjabat sebagai CEO perusahaan baja, NatSteel, dan sebagai Menteri Tenaga Kerja Singapura. Gan juga merupakan lulusan University of Cambridge Bachelor of Arts jurusan Teknik Elektro.

2. Andrew James Little - Selandia Baru

Andrew James Little merupakan Menkes Selandia Baru yang mulai menjabat pada November 2020 lalu. Awal kariernya dimulai sebagai pengacara karena ia seorang sarjana hukum, filsafat dan kebijakan publik di Universitas Victoria of Wellington.

Sebelum menjadi menkes, Andrew pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman, Menteri Perjanjian Negosiasi Waitangi, dan Menteri Biro Keamanan Komunikasi Pemerintah serta Bandan Intelijen Keamanan Selandia Baru.

3. Jens Spahn - Jerman

Jens Spahn menjabat Menkes Jerman sejak 2018 hingga sekarang. Jens menempuh pendidikan di bidang hukum dan politik di University of Hagen. Sebelum menjadi menkes, Jehn memulai karir sebagai Bankir dan Sekretaris Parlemen Negara untuk Keuangan

 

2 dari 3 halaman

4. Australia

4. Gregory Hunt - Australia

Gregory Hunt merupakan Menkes Australia yang menjabat sejak 2017. Lulusan sarjana hukum dari University of Melbourne ini, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Olahraga Australia.

5. Noriisa Tamura - Jepang

Norihisa Tamura merupakan menkes Jepang yang baru menjabat sejak September lalu. Ia merupakan lulusan Chiba University di bidang hukum dan ekonomi. Mengawali karir di perusahaan konstruksi, sebelum menjabat menkes, Norihisa merupakan Anggota Parlemen Jepang

6. Anutin Charnvirakul - Thailand

Anutin Charnvirakul menjabat sebagai menkes Thailand sejak tahun 2019. Ia merupakan lulusan Hofstra University di bidang teknik. 

7. Hugo Mattheüs de Jonge - Belanda

Hugo Mattheüs de Jonge menjadi Menkes Belanda menggantikan Bruno Bruins yang mengundurkan diri saat pandemi COVID-19. Hugo merupakan lulusan Ichthus Hogeschool di Rotterdam pada bidang pendidikan.

Sebelum menjabat sebagai menkes, kariernya tidak pernah jauh dari bidang Ppendidikan. Ia pernah bekarja di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, Kementerian Urusan Umum, dan pemimpin proyek dan manajer program di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan.

 

(Penulis: Rizki Febianto)

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓