Sukses

Menteri PPPA: Di Masa Pandemi COVID-19, Ibu Bisa Jadi Agen Kesehatan untuk Keluarga

Menteri PPPA mengatakan bahwa ibu dapat menjadi agen kesehatan dalam keluarga, yang berperan penting dalam mencegah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan, di masa pandemi COVID-19, ibu dapat menjadi agen kesehatan di keluarga.

"Ibu dapat mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk menerapkan 3M selama bepergian, ibu juga dapat menyortir kegiatan-kegiatan keluarga yang benar-benar mendesak atau tidak," kata Bintang Puspayoga.

Selain itu, apabila ada kelompok rentan di rumah seperti bayi, lansia, ibu hamil dan menyusui, atau anggota keluarga disabilitas dan kondisi medis khusus, ibu dapat mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk menggunakan masker jika harus berada di sekitar mereka.

"Dalam kelompok lingkungan, hal ini juga dapat disosialisasikan secara terus menerus," tambahnya dalam dialog virtual yang disiarkan Youtube BNPB Indonesia pada Selasa (22/12/2020).

Bintang mengatakan, ibu memiliki naluri alami yang rela melalukan apa saja demi menjaga keluarganya tetap sehat. Selain itu, ibu juga yang biasanya mengatur asupan gizi dan suplementasi, serta mengingatkan penerapan protokol kesehatan.

"Seorang ibu juga memiliki kemampuan untuk didengar petuah-petuahnya apalagi didasarkan pada cinta."

Bintang Puspayoga menambahkan, di bidang ekonomi, ibu juga bisa mendukung keluarga di masa pandemi COVID-19 dengan hal-hal sederhana. Misalnya menjual makanan rumahan atau produk-produk lainnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciptakan Rasa Nyaman Bukan Hanya Tugas Ibu Saja

Meski begitu, Bintang Puspayoga mengatakan bahwa menciptakan rasa nyaman dan tentram di rumah bukan hanya tugas ibu saja.

"Kenyamanan dan ketentraman di rumah merupakan hak setiap orang, sehingga setiap anggota keluarga pun wajib mengusahakannya tanpa terkecuali," kata Bintang Puspayoga.

Ia mengatakan, seluruh anggota keluarga perlu sadar bahwa masa pandemi COVID-19 bukanlah waktu yang baik bagi setiap orang. Maka dari itu, ruang-ruang toleransi pun harus terbuka lebar.

"Saat ini yang kita miliki adalah keluarga. Sehingga diharapkan, keluarga dapat memberikan rasa nyaman bagi satu sama lain. Mampu menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi, serta dapat menahan diri untuk menyakiti hati satu sama lain," kata Menteri PPPA.

Bintang Puspayoga mengatakan, orangtua harus menjadi role model yang positif bagi anak-anaknya, dengan mencontohkan keharmonisan dalam keluarga.

"Lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan bersama-sama, ciptakan mood yang baik. Tidak perlu yang mahal atau yang rumit," ujarnya.

Dia mencontohkan, keluarga bisa bersama-sama bermain kuis, membaca cerita, berolahraga, berkebun, menciptakan prakarya, atau memasak.

"Jadikan waktu ini sebagai waktu yang berharga dan tidak dapat diulang, yaitu waktu dimana kita bisa memanfaatkan untuk merekatkan keluarga kita."

3 dari 3 halaman

Infografis Ingat Pesan Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.