Daftar Tempat Swab Test PCR COVID-19 Harga Rp900 Ribu dengan Hasil 24 Jam

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 17 Des 2020, 08:55 WIB
Diperbarui 17 Des 2020, 08:55 WIB
Pemerintah Batasi Harga Tertinggi Tes Usap Mandiri
Perbesar
Tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) melakukan tes swab di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Pemerintah telah menyepakati batas maksimal harga tes usap atau swab mandiri sebesar Rp900 ribu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) masih menjadi pilihan masyarakat dalam mengetahui status COVID-19 yang dimiliki. Lantaran tes yang dilakukan dengan metode pengusapan di kedua hidung dan mulut, hasilnya paling akurat.

Namun, mahalnya biaya swab test dan antrean yang panjang acap kali menjadi kendala tersendiri bagi sebagian masyarakat.

Hal ini membuat sebagian orang yang sudah terlanjur memesan tiket pesawat tujuan Bali menjadi maju-mundur usai dikeluarkannya aturan wajib swab test sebelum ke sana.  

Walau demikian, kini ada beberapa laboratorium dan fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan swab test PCR dengan harga Rp900 ribu tapi hasilnya keluar dalam 24 jam.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

GSI Lab Hingga Bumame Farmasi

GSI Lab

GSI Lab Jakarta Selatan menawarkan layanan swab test PCR dengan harga Rp 899.000 dan hasil tes akan diberikan H+1.

“Setelah tes, hasil akan di-email keesokan harinya maksimal di pukul 23:59 WIB,” dikutip dari unggahan di akun Instagram resmi @gsilab.id pada Kamis (17/12/2020).

Harga di atas adalah harga setelah mendapat potongan. Sebelumnya, GSI Lab mematok Rp 1.288.000 untuk layanan tes tersebut.

Menurut seorang karyawan swasta yang sempat melakukan swab test di lab ini, Evindya, tes dilakukan secara mobile dan aman.

Swab di sini benar-benar mobile. Daftar via situs, bayar via rekening, pengambilan sampelnya dari dalam kendaraan. Kaca enggak boleh dibuka sampai petugas datang. Dan,  hasilnya sudah keluar sebelum 12 jam padahal daftarnya yang 24 jam,” katanya.

Speed Lab

Speed Lab yang beralamat di Jl. Kemang Raya nomor 81B, Jakarta Selatan ini menawarkan layanan swab test PCR dengan harga Rp 875.000 untuk hasil maksimal H+1.

Sedang, untuk hasil di hari yang sama pasien harus merogoh kocek sebesar Rp 1.100.000.

Lab ini juga melayani panggilan ke rumah (home service) seperti yang dilakukan pada Dr. Reisa Broto Asmoro.

Overall layanannya cepat, dan dijamin akurat, selain itu harganya affordable,” kata Reisa mengutip keterangan foto Instagram speedlab.idn.

Bumame Farmasi

Bumame Farmasi yang terletak di Jl. Tb Simatupang, Jakarta Selatan, menawarkan layanan swab test PCR seharga Rp 880.000. Dengan harga tersebut pasien bisa mendapatkan hasil swab dalam 24 jam.

Sedang, proses pengambilan sampelnya sendiri kurang dari 5 menit, menurut unggahan di Instagram resmi bumame_farmasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

RS Pertamina Jaya Hingga EMC

Rumah Sakit Pertamina Jaya

Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta menawarkan layanan swab test PCR dengan harga Rp 900.000. Sebelumnya, rumah sakit ini menentukan tarif swab test PCR sebesar Rp 1,5 juta.

Hasil dari tes swab di rumah sakit ini akan diberikan kepada pasien dalam kurun waktu 1x24 jam.

Klinik Pratama Diana Medika

Klinik Pratama Diana Medika Bekasi menyediakan layanan swab test PCR dengan harga Rp 875.000. Pemeriksaan dapat dilakukan di klinik atau di rumah dengan biaya tambahan.

Pasien akan menerima hasil dalam 24 jam dan setiap pasien diminta untuk menyiapkan fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

RS PGI Cikini

Rumah Sakit PGI Cikini menawarkan promo swab test PCR dari harga Rp 1.800.000 menjadi Rp 900.000 pada 17-30 November 2020.

Pendaftaran dilakukan pada pukul 08:00 hingga 11:30 WIB dan pemeriksaan dimulai pada pukul 10:00. Hasilnya akan diberikan di hari yang sama.

Rumah Sakit EMC

Rumah Sakit EMC Sentul, Bogor, menawarkan layanan swab test PCR dengan harga Rp 900.000 per tes. Layanan berlangsung secara drive thru mulai pukul 08:00 hingga 11:00 WIB.

Hasil tes akan keluar pada H+1 dan pendaftarannya H-1.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan COVID-19

Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Manfaat Tracing Putus Rantai Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓