Sukses

Tips Aman Menaburkan Bedak ke Tubuh Bayi

Ada beberapa tips agar aman menaburkan bedak ke tubuh bayi. Dia pun wangi tanpa terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Mengusapkan bedak ke tubuh bayi tidak boleh sembarangan. Jika tidak, nanti serbuk bedak bisa terhirup hidung dan masuk ke mulut maupun mata bayi. Hal tersebut tentu tidak diinginkan orangtua bukan.

Pertama-tama, ambil bedak ke telapak tangan orang dewasa. Lalu, usapkan ke area dada, perut, punggung, dan lipatan tubuh seperti lipatan tangan dan kaki seperti disampaikan Head of Research and Development APAC PZ Cussons, Haryono Hartono.

"Jadi, enggak langsung dari tempatnya di atas tubuh bayi," saran Haryono dalam peluncuran Cusson Baby Powder pada Selasa, 15 Desember 2020.

Hindari mengusapkan bedak ke area genital atau area sensitif bayi. Hindari juga area wajah.

"Sebisa mungkin dijauhkan dari wajah sehingga tidak kena hidung, mulut dan mata," saran Haryono.

Namun, bila ingin mengoleskan bedak di area pipi bisa dengan menggunakan salah satu jari. Sehingga, taburan bedak bisa langsung menempel pada bagian pipi bukan yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Sentuhan Lembut

Aroma bedak yang wangi lalu dioleskan penuh cinta oleh ayah atau ibu atau pengasuh rupanya memiliki manfaat besar bagi perkembangan bayi. Ia jadi lebih tenang, tidak stres dan bahagia.

"Efek sentuhan lembut penuh cinta bukan hanya untuk perkembangan otak tapu juga emosional bayi. Selain, kegiatan tersebut juga meningkatkan bonding antara ibu dan ayah dengan bayi," kata pakar neurosains Liverpool JM University, Inggirs, Profesor Francis McGlone yang hadir secara daring dalam webinar ini.

Satu lagi, ketika bayi bahagia, hal tersebut berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuhnya.

"Tubuh bayi dipenuhi saraf-saraf yang oleh otak direspons sangat baik. Bila sentuhan penuh kasih sayang, dibarengi dengan nutrisi yang baik, itu bisa membuat imunitas tubuhnya meningkat," jelas Francis.

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.