Sukses

Pelajar Rentan Alami Gangguan Kesehatan Jiwa Selama Pandemi, Ini Saran Pakar

Perubahan pola belajar, dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19 berdampak pada kesehatan jiwa masyarakat terutama pelajar.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan pola belajar, dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19 berdampak pada kesehatan jiwa masyarakat terutama pelajar.

Menurut penelitian yang dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) pada Mei lalu menemukan 69 persen peserta survei mengalami masalah psikologi terkait COVID-19.

Data ini disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa DKI Jakarta Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf SpKJ. Menurutnya, kondisi ini perlu diwaspadai mengingat dampaknya juga akan dirasakan para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa.

Ia menambahkan, situasi ini dapat diantisipasi bila para guru maupun orang tua mengenali gejala awal gangguan kesehatan jiwa yang dialami oleh pelajar.

“Untuk mencegah hal ini, diperlukan kerja sama oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Mulai dari pemangku kebijakan, penyelenggara hingga ke orangtua siswa,” katanya dalam webinar bersama Madrasah Aliyah Citra Cendekia (Macicen), di Jakarta, Sabtu (12/12).

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengikutsertakan edukasi tentang kesehatan jiwa pada murid. Pihak sekolah juga harus terbuka pada anak-anak yang ingin menceritakan tentang masalah kesehatan jiwanya.

“Mungkin kalau dimasukkan dalam kurikulum akan lama prosesnya, maka dapat disertakan saja edukasinya dalam pembelajaran sehari-hari.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adaptasi Bagi Semua Pihak

Sejalan dengan Nova, Kepala Sekolah Madrasah Citra Cendekia Jakarta, Asterika Dwiana, SPd, juga mengatakan, kesehatan mental siswa menjadi syarat utama dalam menjalankan sistem pendidikan.

“Apalagi dalam kondisi saat ini, di mana pembelajaran dilakukan secara daring. Ini hal baru baik bagi siswa, orangtua maupun tenaga pendidik.”

Dalam sistem pembelajaran jarak jauh, adaptasi tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga tenaga pengajar itu sendiri.

Selama ini, tambah Asterika, dalam proses belajar mengajar Macicen menerapkan sistem perpindahan kelas. Di mana setiap siswa kelas 10 hingga kelas 12, melakukan perpindahan sesuai dengan mata pelajaran yang diambil.

Pola pembelajaran seperti ini selain membuat siswa lebih fokus dalam belajar, sekaligus juga memberikan penyegaran bagi siswa karena mendapatkan kelas yang berbeda.

Sebaliknya, dalam sistem pembelajaran daring, siswa dihadapkan dengan situasi yang sama, dan harus berlama-lama di depan layar komputer. Kondisi ini, menyebabkan siswa maupun guru mengalami kejenuhan.

Adanya pembatasan sosial semacam ini memang membuat pola berubah. Manusia sebagai makhluk sosial yang seharusnya bisa beraktivitas di luar ruang, kini dipaksa menjadi makhluk individual.

“Jadi wajar kalau saat ini banyak yang mengalami pergeseran di kesehatan jiwanya. Artinya mulai mengarah ke distress, kemudian mengarah ke kondisi-kondisi seperti gangguan panik, cemas, ataupun trauma psikologis,” tutur Nova.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.