Sukses

4 Relawan Vaksin COVID-19 Pfizer Alami Wajah Mencong karena Bell's Palsy

Masih belum diketahui jelas mengapa empat relawan vaksin Covid-19 atau vaksin Corona Pfizer bisa mengalami Bell's Palsy

Liputan6.com, New York - Regulator administrasi obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) menemukan sebanyak empat orang relawan vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech mengembangkan Bell's palsy. Sebuah kondisi yang membuat wajah seseorang lumpuh sementara.

Orang dengan Bell's palsy mengalami kelemahan atau kelumpuhan sementara pada otot wajah. Kelumpuhan biasanya terjadi ketika saraf yang mengontrol otot menjadi meradang, bengkak, atau tertekan.

Namun, masih belum jelas bagaimana Bell's palsy yang terjadi pada relawan vaksin Pfizer ini.

FDA menekankan bahwa dokter harus terus memantau dengan sangat teliti mengenai efek samping dari vaksin Corona Pfizer.

Sementara itu, Chief Executive Pfizer, Albert Bourla, mengatakan, Pfizer tidak mungkin mengambil jalan pintas saat meluncurkan vaksin COVID-19 buatan mereka.

"Vaksin ini telah diuji dengan cara yang persis sama seperti kami menguji vaksin apa pun yang beredar di luar sana," kata Bourla pada Rabu, 9 Desember 2020, dikutip dari situs Zee News pada Jumat, 11 Desember 2020.

"Selalu ada orang yang skeptis tentang vaksin, tetapi saya harus mengatakan bahwa mereka salah," Bourla menambahkan.

Dia pun menegaskan bahwa vaksin COVID-19 Pfizer telah diuji dengan standar yang tinggi dan pengawasan yang sangat ketat.

 

Simak Video Vaksin COVID-19 Pfizer di Inggris

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penderita Alergi Parah Tidak Disarankan Terima Vaksin COVID-19 Pfizer

Sebelumnya, regulator obat di Inggris menyarankan orang dengan riwayat alergi yang parah untuk menghindari suntikan vaksin COVID-19 Pfizer, setelah dua orang melaporkan efek samping usai vaksinasi.

Direktur Medis Layanan Kesehatan Nasional (National Health Service atau NHS), Stephen Powis, mengatakan, dua pekerja NHS melaporkan mengalami reaksi anafilaktoid usai disuntik vaksin Pfizer.

"Seperti umumnya dengan vaksin baru, MHRA telah menyarankan dengna dasar pencegahan bahwa orang dengan riwayat reaksi alergi tidak menerima vaksinasi ini, setelah dua orang dengan riwayat reaksi alergi yang signifikan merespons secara negatif kemarin," kata Powis.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19 Pfizer di Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.