Sukses

Biar Tetap Fit di Masa Pandemi COVID-19, Ini Pentingnya Asupan Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan agar seseorang tetap fit di masa pandemi COVID-19. Seberapa besar asupan yang dibutuhkan?

Liputan6.com, Jakarta Vitamin C menjadi suatu asupan yang penting agar bisa tetap fit beraktivitas di masa pandemi COVID-19. Tentu saja di samping melakukan pencegahan penyakit lainnya seperti protokol kesehatan mengunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Saptawati Bardosono dari Perhimpunan Nutrisi Indonesia, mengatakan bahwa vitamin C punya banyak khasiat untuk tubuh seperti antioksidan, mencegah peradangan, stres, dan anti bakteri.

Ia menyebutkan, kebutuhan konsumsi vitamin C bisa disesuaikan berdasarkan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Vitamin C secara alami dapat diperoleh dari buah dan sayuran. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C misalnya jambu biji (125 mg/buah), jeruk (70 mg/buah), brokoli (80 mg) dan kembang kol (50 mg).

"Asupan vitamin C dari makanan bisa mencapai 200 miligram per hari," kata Saptawati," dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (10/12/2020).

"Bila Anda termasuk anak muda yang aktif dan sering melakukan latihan fisik, jumlah tersebut belum bisa mencukupi. Setidaknya Anda membutuhkan suplementasi mulai dari 500 sampai 1.000 mg/hari untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan," kata Saptawati.

 

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa yang Perlu Vitamin C?

Saptawati mengatakan, ada beberapa kelompok yang dirasa membutuhkan asupan vitamin C, misalnya mereka yang sering mengonsumsi makanan tidak segar, serta tidak mengandung sumber vitamin C.

"Mereka yang pola hidupnya tidak sehat, seperti tidak pernah berolahraga, merokok, dan sering meminum alkohol juga memerlukan asupan vitamin C yang cukup," katanya.

Selain itu, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu serta ditambah polusi, vitamin C menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh.

Untuk mengetahui kecukupan vitamin C, Saptawati mengatakan bahwa seseorang bisa mencoba mencatat buah dan sayur yang telah ia makan. Idealnya, seseorang mengonsumsi tiga porsi buah dan sayur. Meski demikian, semua bisa disesuakan tergantung kebutuhan.

"Bila dibutuhkan, kita dapat memperoleh vitamin C dari makanan dan minuman yang telah melewati proses penambahan mikronutrien," kata Saptawati.

Ia mencontohkan, Anda bisa saja mengonsumsi minuman seperti jus atau minuman mengandung jeruk, tentunya dengan melihat label kemasan demi mengetahui kandungannya.

"Untuk dosis yang lebih tinggi, dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen vitamin C," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jaga dan Tingkatkan Imunitas Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.