Sukses

WHO Ungkap Pentingnya Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas dalam Vaksinasi COVID-19

WHO mengatakan bahwa negara-negara di dunia harus melakukan vaksinasi COVID-19 pada kelompok-kelompok prioritas tinggi

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) meminta agar negara-negara di dunia memprioritaskan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok yang benar-benar membutuhkan, seperti tenaga kesehatan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi persnya pada Senin kemarin waktu setempat.

Tedros mengungkapkan bahwa beberapa negara sudah merencanakan peluncuran vaksin COVID-19 dalam beberapa pekan, atau beberapa bulan mendatang.

Menurut Tedros mempertimbangkan kelompok prioritas bukan hal yang mudah. Namun, ia mengungkapkan beberapa kelompok yang dinilai membutuhkan vaksinasi sesegera mungkin.

"Memvaksinasi petugas kesehatan yang berisiko tinggi terinfeksi akan membantu melindungi mereka dan sistem kesehatan," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi WHO, Selasa (8/12/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Prioritas Tinggi

Selain itu, orang-orang yang berisiko terkena penyakit serius atau meninggal akibat usia, juga dinilai sebagai kelompok prioritas tinggi.

"Karena melindungi mereka akan mengurangi penyakit yang parah dan kematian, serta mengurangi beban sistem kesehatan."

Tedros melanjutkan, ketika pasokan vaksin meningkat, kelompok berikutnya yang akan diimunisasi adalah mereka yang memiliki risiko penyakit parah lebih besar karena kondisi yang mendasarinya, serta kelompok yang termarjinalkan dan berisiko tinggi.

"Pada tahap awal peluncuran, dengan hanya sebagian kecil populasi suatu negara yang diimunisasi, maka pemerintah, komunitas, dan individu, harus terus menggunakan perangkat kesehatan masyarakat yang telah terbukti," ujarnya.

Tedros juga mendesak agar negara-negara di dunia mendasari kelompok prioritas pemberian vaksin COVID-19 berdasarkan Values Framework and Population Prioritization Roadmap dari Strategic Advisory Group of Experts on Immunization WHO.

Values Framework and Population Prioritization Roadmap merupakan dokumen rekomendasi WHO, mengenai siapa yang harus dipertimbangkan untuk vaksinasi terlebih dahulu, serta menjabarkan nilai-nilai yang menjadi dasar dari rekomendasi tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.